Pemerintah minta pemberi kerja Jepang latih bahasa untuk PMI terampil

id kemnaker,peluang kerja di jepang,ssw jepang,pekerja migran indonesia,pelatihan bahasa jepang,sekjen kemnaker,tki jepang

Pemerintah minta pemberi kerja Jepang latih bahasa untuk PMI terampil

Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi saat berbicara Forum on "Expansion of Job Opportunities in Japan for Indonesia Resources" di Tokyo, Jepang, Selasa (24/4). (ANTARA/HO-Kemnaker)

Jakarta (ANTARA) - Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi mengajak pihak pemberi kerja Jepang untuk memberikan pelatihan bahasa bagi pekerja trampil Indonesia, mengingat minat yang besar untuk bekerja di negara itu.

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu, Sekjen Kemnaker Anwar mengatakan meski memiliki banyak peminat tapi banyak dari kandidat yang belum bisa mencapai tingkat kelulusan dalam ujian tenaga kerja berketrampilan spesifik atau Specified Specified Skilled Workers (SSW) karena kemampuan Bahasa Jepang belum mumpuni.

"Oleh karena itu kami mengajak pemberi kerja Jepang untuk berinvestasi dalam memberikan pelatihan Bahasa Jepang bagi kandidat SSW Indonesia," kata Anwar saat berbicara pada "Forum on Expansion of Job Opportunities in Japan for Indonesia Resources" di Tokyo, Jepang, Selasa (24/4).

"Sebab kami mencatat bahwa pelindungan terbaik bagi tenaga kerja adalah dengan memberikan bekal keterampilan yang sesuai kebutuhan di negara tujuan penempatan," ucapnya.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemnaker RI ajak pemberi kerja Jepang beri pelatihan bahasa untuk PMI
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024