LKP di Indonesia respons era digital melalui kursus daring

id LKP,Kursus daring,Cimahi,Jabar,Jawa Barat,Unstruktur

LKP di Indonesia respons era digital melalui kursus daring

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) saat mengadakan acara Pengimbasan Praktik Baik Penyelenggaraan Kursus Daring di Cimahi, Jawa Barat, Kamis (25/4/2024). ANTARA/HO-Kemendikbudristek.

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendukung lembaga kursus dan pelatihan (LKP) untuk merespon kemajuan era digital dengan menyediakan kursus secara daring.

“Upaya transformasi pendidikan vokasi yang inovatif dan adaptif melalui layanan kursus daring di LKP,” kata Direktur Kursus dan Pelatihan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Nahdiana dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Nahdiana menuturkan, adanya kurus daring yang disediakan LKP menjadi penyelenggaraan pelayanan pendidikan vokasi yang relevan dengan tuntutan perkembangan zaman.

Terlebih, terdapat potensi bagi platform kursus daring untuk terus berkembang karena hasil survei Mckinsey menunjukkan jumlah pengguna jasa kursus daring pada 2021 mencapai 220 juta orang, atau naik 92 persen karena pandemi COVID-19.

Nahdiana menjelaskan, revolusi industri 5.0 yang sedang berjalan saat ini menjadikan internet of things (IoT) sebagai tolok ukur utama di segala segmen tidak terkecuali di dunia pendidikan.

Oleh sebab itu, sebagai salah satu penyelenggara pendidikan vokasi maka LKP juga dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dan terus bertransformasi yang salah satunya dengan menyelenggarakan kursus daring.

"Kami di Kemendikbudristek akan terus berupaya untuk mendukung dan memfasilitasi transformasi pendidikan di Indonesia,” katanya.

Penggunaan kursus daring, lanjut Nahdiana, juga akan memberikan kemudahan dan fleksibilitas bagi masyarakat agar bisa meningkatkan skill dan kompetensi dalam rangka pengembangan diri mereka.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemendikbudristek dukung LKP respon era digital lewat kursus daring
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024