Tingkatkan kompetensi guru, LKP Matematika Indonesia gelar Seminar Matematika

id matematika

Tingkatkan kompetensi guru, LKP Matematika Indonesia gelar Seminar Matematika

Pembukaan Seminar Matematika (ANTARA/HO-LKP Matematika Indonesia)

Yogyakarta (ANTARA) - Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Matematika Indonesia menyelenggarakan Seminar Nasional Matematika bagi kepala sekolah, kepala madrasah, dan guru di Kabupaten Wonosobo dalam rangka peningkatan dan penguatan kompetensi khususnya mata pelajaran matematika.

Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Wonosobo serta Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo.

Seminar Nasional Matematika Indonesia itu dibuka oleh selaku Bupati Wonosobo H Afif Nurhidayat dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Wonosobo serta tamu undangan lainnya bertempat di Wonosobo pada Jumat (18/6).

Narasumber utama kegiatan tersebut adalah Setiawan SM, MSi. (Master Setiawan). Selama acara berlangsung tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Kita bersyukur di Kabupaten Wonosobo mendapatkan kesempatan untuk bisa melaksanakan kegiatan Seminar Nasional Matematika Indonesia dan berharap kegiatan ini dapat menambah kompetensi guru sehingga diharapkan lebih jauh lagi mutu pendidikan akan meningkat," kata Bupati Wonosobo dalam sambutannya.

Ia mengatakan bahwa kompetensi ini harus ditingatkan, kualitas guru harus ditingkatkan agar tercipta kader-kader potensial kedepan yang lebih baik. "Kita dihadapkan pada satu generasi yang hari ini penuh dengan tantangan. Kita menghadapi satu generasi yang memang kita dihadapkan situasi era digitalisasi yang semua penuh dengan arus global," katanya.

Oleh karena itu, guru harus dibekali dengan kompetensi yang lebih, guru harus beradaptasi dengan teknologi. Bupati berharap selesai kegitan seminar ilmunya bisa diimplementasikan dalam tataran kehidupan di sekolah masing-masing yang pada ujungnya bisa memberikan nilai manfaat untuk anak-anak didik.

"Saya berbangga hati tentunya hari ini kita dapat serapan ilmu bagi kami institusi Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Wonosobo, para guru berkaitan dengan cara berhitung yang cepat. Tentu itu pola pembelajaran yang sangat menarik karena tadi saya mengikuti secara langsung. Selama ini matematika sebagai 'momok' bagi anak didik kita, tapi hari ini kita penuh semangat belajar matematika dengan senyum dan smart," katanya.

Menurut dia, kehadiran Master Setiawan ini luar biasa di Wonosobo yang memberikan ilmu baru, memberikan spirit baru bagi para guru yang "ending"-nya nanti adalah ke anak-anak didik. Kalau gurunya "smart" bisa mengajarkan matematika dengan senyum, dengan riang gembira, dengan "happy" nanti anak-anak juga sama menerima pelajaran juga riang gembira, dengan "happy" tanpa terasa pelajarannya masuk.

"Ini luar biasa, 'bravo' untuk sahabat kita Master Setiawan," kata Afif Nurhidayat.

Peserta Seminar Nasional Matematika Indonesia antara lain kepala sekolah, kepala madrasah, guru dari jajaran Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Wonosobo jenjang KB, TK, SD, SMP, dan jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo jenjang RA, MI, MTs, dan MA.

Master Setiawan mengatakan matematika selama ini telah menjadi mata pelajaran yang menakutkan dan ditakuti siswa. Banyak siswa kesulitan ketika mengerjakan soal-soal matematika serta nilai ujian di sekolah yang kurang memuaskan.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan ada peningkatan dan penguatan kompetensi mata pelajaran matematika bagi kepala sekolah, kepala madrasah, dan guru di Kabupaten Wonosobo.

Ia menambahkan Seminar Nasional Matematika Indonesia akan dapat memberikan metode pembelajaran matematika dengan cara baru, cepat, mudah, asyik, menyenangkan serta memberikan wawasan baru mengenai metode belajar matematika.

Peserta tampak antusias mengikuti kegiatan Seminar Nasional Matematika Indonesia menyimak materi yang disampaikan Master Setiawan, serta diselingi lagu-lagu matematika dan doorprize. Kegiatan diakhiri dengan penyampaian testimoni dari peserta baik secara lisan maupun tertulis.

Zevi Candida Revoluta, guru MAN 1 Wonosobo sebagai peserta Seminar Nasional Matematika Indonesia mengatakan seminar ini diisi oleh pemateri yang kompeten yaitu Master Setiawan.

"Acara ini menyenangkan dan ilmu yang diberikan pun sangat bermanfaat bagi kami para guru karena Master Setiawan mengajarkan teknik-teknik berhitung yang terbilang baru bagi kami dan itu penting sekali untuk kemampuan numerical yang bisa kami ajarkan kepada siswa/siswi di sekolah untuk kepentingan belajar maupun olimpiade sains," katanya.

Sri Wahyuning Pristiwati, guru SDN 1 Deroduwur Kecamatan Mojotengah mengatakan seminar ini betul-betul luar biasa, Master Setiawan berhasil mengubah "mindset" bahwa matematika yang tadinya adalah momok yang menakutkan ternyata matematika itu menyenangkan.

"Trik-trik yang didapatkan hari ini akan diteruskan kepada anak didiknya. Kami berharap tahun depan bisa berjumpa kembali dengan Master Setiawan untuk mendapatkan trik-trik dan ilmu-ilmu baru," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar