Seni dan budaya memperkuat identitas masyarakat Indonesia

id budaya, seni, temanggung

Seni dan budaya memperkuat identitas masyarakat Indonesia

Penjabat Bupati Temanggung Hery Agung Prabowo memberikan sambupaten pada silaturahim dan halal bihalal pelaku kebudayaan Kabupaten Temanggung. ANTARA/Heru Suyitno

Temanggung (ANTARA) - Seni dan budaya memiliki peran yang penting dalam memperkuat identitas masyarakat, kata Penjabat Bupati Temanggung Hery Agung Prabowo.

"Identitas masyarakat merujuk pada karakteristik unik, nilai-nilai, tradisi, dan warisan budaya yang menjadi ciri khas suatu kelompok atau komunitas," katanya di Temanggung, Sabtu.

Ia menyampaikan hal tersebut pada silaturahim dan halal bihalal pelaku kebudayaan Kabupaten Temanggung.

Melalui berbagai ekspresi seni dan budaya, katanya, sebuah masyarakat dapat menggali dan memperkuat identitas mereka, menjaga warisan budaya, serta mempromosikan keragaman dan persatuan.

Menurut dia seni dan budaya juga sebagai alat untuk menjaga keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat sesuai norma hukum ketatanegaraan yang berlaku.

Para pelaku seni budaya ini juga mempunyai andil besar bersama sama dengan pemerintah dan aparat keamanan terkait dalam menyampaikan pesan moral terkait keharmonisan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta pesan pembangunan.