Jaga gula darah stabil, calhaj penderita diabetes atur makan

id diet haji diabetes,penanganan diabetes,kesehatan haji

Jaga gula darah stabil, calhaj penderita diabetes atur makan

Pasien diabetes disarankan memperbanyak konsumsi sayur dan buah. (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Dietisien dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta Lilik Fauziyah Ahmad, S.Si, T, RD menyampaikan bahwa calon haji yang sakit diabetes mesti mengatur pola makan agar kadar gula dalam darahnya stabil selama menunaikan ibadah di Tanah Suci.

Penderita diabetes harus mengatur makan agar tidak sampai mengalami hipoglikemia (gula darah di bawah kadar normal) atau hiperglikemia (gula darah di atas kadar normal), yang dapat menjadi kendala dalam menunaikan ibadah haji.

"Menyiapkan pola makan secara teratur menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga gula darah tetap stabil dan ini perlu diperhatikan dan pintar-pintar sendiri dalam mengaturnya," kata Lilik dalam diskusi daring yang diikuti dari Jakarta, Sabtu.

Penderita diabetes, ia mengatakan, juga mesti mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi seimbang sebagaimana anggota jamaah haji yang lain.



Selama menunaikan ibadah di Arab Saudi, Lilik menyampaikan, anggota jamaah haji Indonesia biasanya setiap hari mendapat jatah makanan pada pagi, siang, dan malam hari.

Jatah makanan untuk jamaah haji seharusnya sudah dirancang sedemikian rupa agar dapat memenuhi kebutuhan gizi harian.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Calon haji dengan diabetes mesti atur makan agar gula darah stabil
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024