Pemerintah: Perpustakaan membuat desa di Indonesia lebih cepat maju-mandiri

id Perpustakaan Desa,Desa Maju,Desa Mandiri,BPI Kemendes PDTT,Rakornas Perpusnas

Pemerintah: Perpustakaan membuat desa di Indonesia lebih cepat maju-mandiri

Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (BPI Kemendes PDDT) Ivanovich Agusta saat menjadi pembicara dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan Tahun 2024 bertema "Menata Ulang Konsep dan Praktik Pembangunan Literasi" di Jakarta, Selasa (14/5/2024). ANTARA/Tri Meilani Ameliya

Jakarta (ANTARA) -
Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (BPI Kemendes PDDT), Ivanovich Agusta menyampaikan bahwa keberadaan perpustakaan desa dapat membuat desa bersangkutan lebih cepat maju dan mandiri.
 
"Ada korelasi positif ketika desa itu mulai mengembangkan perpustakaan desa, kemudian desa menjadi lebih cepat maju dan mandiri," kata Ivan, sapaan akrab Ivanovich Agusta saat menjadi pembicara dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan Tahun 2024 bertema "Menata Ulang Konsep dan Praktik Pembangunan Literasi" di Jakarta, Selasa.
 
Hal itu, kata Ivan, didasarkan pada pengkajian yang dilakukan Kemendes PDTT bersama Bappenas. Kedua instansi tersebut menemukan bahwa salah satu strategi yang ditempuh desa ketika hendak menjadi desa maju dan mandiri adalah membangun perpustakaan desa atau taman bacaan masyarakat ataupun sebutan lain untuk sarana membaca di desa.
 
 
Selain itu, lanjut Ivan, peran penting perpustakaan desa dalam pembangunan desa juga dibuktikan melalui Indeks Pembangunan Desa.
 
Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Permendes PDTT) Nomor 2 Tahun 2016 tentang Indeks Desa Membangun memberikan kerangka pemikiran mengenai pencapaian sasaran pembangunan desa.

Penyusunan Indeks Desa Membangun bertujuan menyediakan ukuran yang mampu melihat posisi dan status desa serta arah tingkat kemajuan dan kemandirian desa dengan mengukur ke aspek pemenuhan kebutuhan desa.
 
Ivan menyampaikan melalui Indeks Desa Membangun, diketahui bahwa perpustakaan desa berperan membantu pembangunan desa sebesar 0,8 persen.
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPI Kemendes: Perpustakaan membuat desa lebih cepat maju dan mandiri
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024