Ini tips optimalkan liburan dengan cerdas atur budget

id tiket.com, perencana keuangan, merencakan liburan, musim liburan

Ini tips optimalkan liburan dengan cerdas atur budget

Perencana keuangan Aliyah Natasha dalam acara media luncheon tiket.com di Jakarta, Selasa (4/6/2024) (ANTARA/Fitra Ashari)

Jakarta (ANTARA) - Perencana keuangan Aliyah Natasha mengatakan dalam merencanakan liburan harus ada kiat dalam mengatur keuangan agar tidak membengkak selama melakukan perjalanan.

“Kalau kita punya rencana liburan urusan apapun nomor satu budget, namanya budget liburan nggak bisa spontan, kalo dari sisi ekonomi memang rupiah melemah jadi lebih baik memeriahkan liburan dalam negeri,” kata Aliyah dalam acara media luncheon tiket.com di Jakarta, Selasa.

Aliyah mengatakan dalam merencanakan anggaran berlibur harus dilakukan jauh-jauh hari misalnya mencari tiket atau atraksi di destinasi tujuan dalam kurun waktu setahun ke depan. Kiat ini berguna untuk mendapatkan harga yang biasanya lebih murah dibandingkan membeli secara mendadak.

Dalam menyusun anggaran dalam satu tahun, bisa memakai rumus membagi 50 persen untuk kebutuhan hari ini, 30 persen keinginan dalam jangka pendek, dan 20 persen tabungan masa depan.



Ia juga menyarankan untuk memiliki tabungan khusus untuk liburan yang bisa dilakukan secara pendebetan secara otomatis tiap bulan.

Momen liburan juga saat ini memiliki banyak variasi yang tentunya memerlukan perencanaan anggaran, mulai dari staycation dengan budget murah dan dekat dengan tempat tinggal, liburan sekolah anak, private trip atau girls trip, dan big familiy trip yang seringkali harus mengeluarkan anggaran lebih besar karena bertepatan dengan momen hari raya.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kiat maksimalkan liburan dengan pintar atur anggaran