Pemerintah selaraskan visi Laskar Rempah MBJR 2024

id Laskar Rempah,Jalur Rempah

Pemerintah selaraskan visi Laskar Rempah MBJR 2024

Seorang Laskar Rempah mengikuti pembekalan pelayaran budaya bertajuk Muhibah Budaya Jalur Rempah (MBJR) 2024 di Hotel Aston Kemayoran Jakarta, Kamis (6/6/2024). (ANTARA/HO-Kemendikbudristek)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelaraskan visi 29 orang Laskar Rempah yang akan mengikuti pelayaran pertama budaya bertajuk Muhibah Budaya Jalur Rempah (MBJR) 2024 dengan rute Jakarta-Belitung Timur-Dumai.

Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbudristek, Irini Dewi Wanti menyatakan penyelarasan visi ini dilakukan melalui pembekalan materi sebagai upaya membangun semangat dan memberi pengetahuan Jalur Rempah.

“Kebersamaan yang erat dan semangat yang luar biasa dari Laskar Rempah akan menumbuhkan keinginan belajar dan menggali nilai budaya dalam mengarungi pelayaran MBJR 2024,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Kamis.



Irini menuturkan kampanye Jalur Rempah adalah upaya menggaungkan kembali peran Jalur Rempah dalam merekatkan Indonesia melalui rasa, kebersamaan, dan cinta sekaligus menjadi konektivitas keterkaitan nilai budaya di Indonesia.

Ia berharap para Laskar Rempah dapat menggali potensi dan mengeksplorasi nilai budaya dalam setiap persinggahan pelayaran, sehingga menjadi sebuah investasi ilmu pengetahuan untuk generasi Indonesia mendatang.

Kurator Program MBJR 2024, Adi Wicaksono menjelaskan ada beberapa aspek yang menjadi tujuan dalam MBJR 2024, yakni pertama adalah menyalakan ingatan dan kebanggaan terkait jati diri sebagai bangsa Bahari.

Hal tersebut dilakukan dengan memperkuat tali keindonesiaan melalui kehangatan persahabatan, asimilasi pengetahuan, budaya dan peradaban, serta diplomasi di setiap pelabuhan Jalur Rempah.

MBJR 2024 juga menjadi wadah dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan Jalur Rempah sebagai modal meningkatkan kesejahteraan bersama yang lestari.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemendikbudristek selaraskan visi Laskar Rempah MBJR 2024
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024