Gunung Lewotobi Laki-Laki letuskan abu vulkanik tinggi

id erupsi gunung,abu letusan,lewotobi laki-laki,gunung lewotobi,pengamatan gunung,pvmbg,gunung berapi

Gunung Lewotobi Laki-Laki letuskan abu vulkanik tinggi

Visual CCTV erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, yang teramati pada Kamis (13/6/2024) pukul 01.24 WITA. (ANTARA/HO-PVMBG)

Jakarta (ANTARA) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan Gunung Lewotobi Laki-Laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, mengalami erupsi yang melontarkan kolom letusan setinggi 700 meter di atas puncak.

Menurut petugas pos pengamatan Gunung Lewotobi Laki-Laki, Emanuel Rofinus Bere, erupsi tersebut terjadi pada Kamis dini hari pukul 01.24 WITA.

"Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 47,3 mm dan durasi 447 detik," demikian disampaikan Emanuel dalam laporan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Ia menjelaskan kolom abu letusan teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal dan mengarah ke barat daya dan barat.

Berdasarkan aktivitas vulkanik terkini Gunung Lewotobi Laki-laki, status gunung berketinggian 1.584 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut berada pada level III atau Siaga sejak 10 Juni 2024.
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gunung Lewotobi Laki-Laki lontarkan abu vulkanik setinggi 700 meter