Jokowi panggil Menkominfo dan Telkom rembuk peretasan data

id Presiden Jokowi, peretasan data, Pusat Data Nasional, TelkomSigma, PDSNS

Jokowi panggil Menkominfo dan Telkom rembuk peretasan data

Direktur Network & IT Solution PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Herlan Wijanarko saat menyampaikan keterangan usai dipanggil Presiden Jokowi ke Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (28/6/2024), terkait peretasan Pusat Dana Nasional Sementara (PDNS). (ANTARA/Andi Firdaus)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo memanggil Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi dan sejumlah pihak terkait ke Istana, Jakarta, Jumat siang, untuk membahas kejadian peretasan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) yang berlangsung sejak Kamis (20/6).

"Iya, tunggu dulu ya. Ini baru mau rapat," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi saat tiba di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Selain Menkominfo, Presiden Jokowi juga memanggil Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas.

Selain itu, hadir juga dalam rapat internal itu Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian dan Kepala Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh.

Turut hadir dalam kegiatan itu utusan dari penyedia infrastruktur data nasional, TelkomSigma, yang diwakili Direktur Network & IT Solution PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Herlan Wijanarko.



Namun, hingga agenda rapat internal itu selesai sekitar pukul 14.30 WIB, Menkominfo tidak memberikan keterangan apa pun seputar hasil rapat tersebut kepada wartawan.

PDNS mengalami gangguan yang disebabkan serangan siber berjenis ransomware hingga berdampak pada beberapa layanan publik, termasuk layanan imigrasi.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jokowi panggil Menkominfo hingga Telkom bahas peretasan data