Sengit, pertarungan PDIP dan Kaesang di Pilkada Jateng 2024

id Kaesang Pangarep ,Pilkada Jawa Tengah ,Pilkada 2024,PDIP

Sengit, pertarungan PDIP dan Kaesang di Pilkada Jateng 2024

Arsip foto - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani (tengah) mendengar bisikan Sekjen PSI Raja Juli Antoni (kiri) sebelum bersama Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep (kanan) menjawab pertanyaan wartawan usai melakukan pertemuan di Jakarta, Kamis (5/10/2023). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU/aa.

Jakarta (ANTARA) - Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Ujang Komaruddin menilai pertarungan antara Kaesang Pangarep dengan tokoh yang diusung PDIP dalam Pilkada 2024 di Jawa Tengah akan berjalan sengit.

"PDIP juga punya gigi taring sendiri di Jawa Tengah, karena itu seandainya Kaesang maju di Jawa Tengah maka
pertarungan akan sengit," kata Ujang di Jakarta, Jumat.

Menurut Ujang, ada beberapa alasan Ketua Umum PSI itu menjadi sosok yang sepadan dengan calon-calon yang akan diusung PDIP di Jawa Tengah.

Salah satu alasannya yakni Kaesang memiliki elektabilitas tinggi karena punya nilai historis dengan Jawa Tengah lantaran ayahnya, Presiden RI Joko Widodo, pernah menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Di satu sisi, Jawa Tengah sedari dulu merupakan salah satu wilayah yang menjadi lumbung suara PDIP.

Hal tersebut terlihat dari kesuksesan PDIP mengusung Ganjar Pranowo sehingga mampu menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah selama dua periode.

Dia melanjutkan, kesempatan Kaesang menang juga bisa terancam jika ada tokoh lain yang memiliki elektabilitas tinggi maju di Pilkada Jawa Tengah.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pengamat: Pertarungan antara PDIP dan Kaesang di Jateng sengit
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024