Pagar Gerbang Pancasila DPR RI dirubuhkan pendemo pilkada

id RUU Pilkada,DPR RI,Rapat Paripurna ,Unjuk rasa,Massa aksi

Pagar Gerbang Pancasila DPR RI dirubuhkan pendemo pilkada

Pagar Gerbang Pancasila Gedung MPR/DPR/DPD yang rubuh oleh massa aksi di Jalan Gelora, Senayan, Jakarta, Kamis (22 /8/2024). (ANTARA/Melalusa Susthira K.)

Jakarta (ANTARA) - Pagar Gerbang Pancasila Gedung MPR/DPR/DPD yang berlokasi di Jalan Gelora, Senayan, Jakarta, Kamis, rubuh oleh massa aksi yang menolak Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan Keempat atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 (RUU Pilkada) untuk disetujui menjadi undang-undang pada Rapat Paripurna, Kamis.

Sekitar pukul 14.45 WIB tampak gerbang di bagian belakang Gedung MPR/DPR/DPD tersebut sudah rubuh oleh massa aksi.

Aparat polisi berpakaian tameng lengkap beserta pelindung badan pun bersiaga dengan pengamanan tiga lapis. Begitu pula, dengan mobil barakuda yang disiagakan.

Berdasarkan pantauan di lapangan, tampak botol-botol plastik minuman kemasan berserakan di depan pagar yang dilempari oleh massa aksi.

Tampak bendera Universitas Trisakti, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan bendera merah putih berkibar di antara kerumunan massa aksi.

Sementara itu, massa aksi bersama-sama meneriakkan Sumpah Pemuda sembari mengepalkan tangan. Tampak pula flare berwarna hijau ditembakkan di antara massa aksi mahasiswa tersebut.

Selain menolak RUU Pilkada, massa aksi juga terdengar menyampaikan penolakan terhadap Revisi UU TNI dan Polri yang bergulir di DPR RI.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pagar Gerbang Pancasila DPR rubuh oleh massa unjuk rasa
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024