KAI Bandara kirim wakil untuk dukung ASEAN Railway CEO's Conference di Bandung

id kai bandara

KAI Bandara kirim wakil untuk dukung ASEAN Railway CEO's Conference di Bandung

Para peserta ASEAN Railways CEO's Conference (ARCEO's) di Bandung, Jawa Barat, 2-5 September 2024 (ANTARA/HO-KAI Bandara)

Yogyakarta (ANTARA) - KAI Bandara, bagian dari PT Kereta Api Indonesia (Persero), turut mendukung ASEAN Railway CEO's Conference yang digelar pada 2-5 September 2024 di Bandung, Jawa Barat.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menjadi tuan rumah gelaran 44th ASEAN Railways CEO's Conference (ARCEO's) yang diikuti oleh delapan operator kereta api se-Asia Tenggara yakni Keretapi Tanah Melayu (Malaysia), Vietnam Railways (Vietnam), Ministry of Public Works and Transport (Kamboja), Lao National Railways (Laos), Philippine National Railways (Filipina), Myanma Railways (Myanmar), State Railway of Thailand (Thailand), dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) (Indonesia).

Pembukaan ARCEO's dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin. Dalam kegiatan ARCEO's tahun ini bertema "Driving Sustainability with Digital Innovation" yang fokus pada pembahasan perkembangan perkeretaapian berkelanjutan dan ramah lingkungan. 

Dalam pertemuan ARCEO's 2024 yang digelar di Grand Ballroom Hotel Pullman Bandung, Dani Satriana yang merupakan wakil dari KAI Bandara ditunjuk sebagai Pemimpin Kelompok Pemasaran dan Operasi dalam konferensi tersebut. Penunjukan Dani Satriana sebagai Pemimpin Kelompok Pemasaran dan Operasi di konferensi tersebut menegaskan komitmen PT Kereta Api Indonesia memajukan sektor perkeretaapian di kawasan ASEAN.

Dalam perannya sebagai Ketua, Dani Satriana memimpin diskusi strategis dan inisiatif kolaboratif yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional serta strategi pemasaran di jaringan kereta api ASEAN. Partisipasi KAI Bandara dalam konferensi ini mencerminkan dedikasi perusahaan dalam mendorong inovasi dan kerjasama regional.

Vice President Corporate Secretary KAI Bandara Supriyanto, Kamis (5/9), menyampaikan bahwa KAI Bandara turut mendukung penyelenggaraan ARCEO's Conference ini dengan mengirimkan 2 orang pegawainya yaitu Dhani Satriana sebagai Pemimpin Kelompok Pemasaran dan Operasi dan Sosiawan Putra Chaperone untuk delegasi Vietnam di ARCEO's Conference yang bertugas sebagai penghubung antara delegasi dan negara penyelenggara ARCEO's Conference. Selain itu, Direktur Utama KAI Bandara Porwanto Handry Nugroho turut menghadiri dan mengikuti rangkaian kegiatan ARCEO's Conference tersebut. 

"Kami sangat menghargai kesempatan untuk berkontribusi pada ASEAN Railway CEO's Conference melalui perwakilan kami, Dani Satriana dan Sosiawan Putra. Kehadiran kami di konferensi ini merupakan langkah penting dalam memperkuat jaringan kereta api ASEAN dan berbagi pengetahuan serta pengalaman yang dapat bermanfaat bagi semua pihak," kata Supriyanto.

Kegiatan Rangkaian acara 44th ARCEO's Conference meliputi CEO Meeting, sharing session dengan jajaran pakar, kegiatan sosial penanaman pohon dan memperkenalkan Bandung sebagai kota wisata yang terkoneksi dengan KAI. Para delegasi juga berkesempatan menjajal Kereta Cepat pertama di ASEAN Whoosh, Light Rail Transit (LRT), dan Kereta Panoramic. 

"Dengan telah beroperasionalnya Whoosh, kereta cepat pertama di ASEAN, serta kereta-kereta hasil inovasi lainnya seperti Compartemen, panoramic, new generation dan dinning on train diharapkan KAI bisa menjadi benchmark bagi operator-operator kereta api di kawasan ASEAN," tutur Hadis Surya Palapa, Direktur Niaga KAI, selaku Organizing Committee ARCEOs Conference. 

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan bahwa kegiatan tersebut mengusung tema "Driving Sustainability with Digital Innovation". ARCEO's Conference tahun ini berfokus pada pembahasan perkembangan perkeretaapian berkelanjutan dan ramah lingkungan, didukung transformasi digital dalam aspek keselamatan dan pelayanan.

"Sebanyak 103 peserta yang datang dari delapan negara mengikuti kegiatan ini. Selain merasakan kemajuan transportasi perkeretaapian Indonesia, peserta juga akan diajak ke tempat-tempat wisata alam dan budaya seperti Gunung Tangkuban Perahu, mengunjungi NuArt Sculpture Park Bandung, bermain alat musik khas Jawa Barat bersama Saung Angkulung Udjo, serta mengunjungi bangunan bersejarah di Jawa Barat yaitu Gedung Sate," katanya.

Didiek juga mengatakan para peserta akan diajak berdiskusi mengenai perkeretaapian dengan cara yang berbeda. Dengen momen-momen menyenangkan yang akan semakin mempererat hubungan antar delegasi antarnegara. Kegiatan ARCEO's Conference bertujuan untuk menyamakan persepsi mengenai kereta sebagai simbol perhubungan yang menggabungkan delapan negara untuk berkembang bersama. Event ARCEO's ini menjadi momentum untuk memperkenalkan budaya Indonesia dan mengajak delegasi mendukung program lingkungan dengan penanaman pohon di stasiun Halim.

Konferensi ini merupakan ajang penting untuk para pemimpin industri kereta api dalam membahas tantangan, berbagi praktik terbaik, dan mengeksplorasi peluang pertumbuhan regional. Partisipasi KAI Bandara di acara ini menunjukkan komitmen berkelanjutan perusahaan dalam pengembangan sektor kereta api.