Ribuan pelari dalam dan luar negeri mengikuti "Sleman Temple Run 2024

id Sleman Temple Run,Dinas Pariwisata Sleman ,Dispar Kabupaten Sleman ,Sleman

Ribuan pelari dalam dan luar negeri mengikuti "Sleman Temple Run 2024

Peserta Sleman Temple Run 2024 setelah pelepasan bendera start di kawasan Candi Banyunibo Prambanan, Minggu (8/9/2024). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Ribuan pelari dari dalam dan luar negeri turut berpartisipasi dalam lomba lari lintas alam "Sleman Temple Run tahun 2024" kembali yang digelar di kawasan Candi Banyunibo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu.

 

"Pada 'Sleman Temple Run' 2024 diikuti lebih dari 1.000 peserta, dengan peserta asing tercatat sejumlah 18 peserta dari 15 negara," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid.

 

Menurut dia, peserta dari mancanegara diantara dari Belarusia, Colombia, Russia, Timor-Leste, Palestina, Polandia, Sudan, Yaman, Thailand, Pakistan, Cambodia, Belanda, Jerman, Gambia dan Belanda.

 

"Selain berkompetisi, dalam Sleman 'Temple Run' ini peserta lari akan melewati rute dengan pemandangan objek wisata bangunan cagar budaya candi, 'Sleman Temple Run' ini berkonsep lari lintas alam yang dapat menjadi ajang promosi untuk memperkenalkan potensi pariwisata di wilayah Sleman," katanya.

 

Ia mengatakan, ajang olahraga wisata (sport tourism) yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya ini melombakan tiga kategori yaitu "fun run" dengan jarak 5 kilometer, kemudian kategori 15 kilometer dan kategori 30 kilometer.

 

Pada pelaksanaannya, peserta lari dengan kategori jarak tempuh 30 kilometer dilepas pada pukul 05.00 WIB dengan batas waktu maksimal finis 7 jam.

 

Kemudian untuk kategori jarak tempuh 15 kilometer dilepas langsung oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo pada pukul 05.30 WIB dengan batas waktu maksimal 4 jam.

 

Sedangkan peserta lari dengan kategori fun run jarak tempuh 5 kilometer dilepas pada pukul 06.00 WIB dengan batas waktu maksimal 1,5 jam.

 

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan "Sleman Temple Run 2024" dan mengucapkan terimakasihnya kepada seluruh peserta lari yang telah memberikan kontribusi positif dalam meramaikan sektor pariwisata di Sleman.

 

"Semoga 'Sleman Temple Run' kali ini dapat memberikan pengalaman berbeda bagi 'runners' dan juga memberi dampak positif bagi sektor pariwisata di Sleman," katanya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ribuan pelari dalam dan luar negeri ikuti "Sleman Temple Run 2024
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024