Sleman (Antara) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Purnomo meminta Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) mampu menciptakan inovasi dalam pelayanan kepada masyarakat pelanggan.

"Walaupun capaian dalam aspek pelayanan telah menunjukkan kinerja yang memuaskan, namun bukan berarti inovasi dalam pelayanan tidak diperlukan," kata Sri Purnomo saat melantik Dwi Nurwata sebagai Direktur PDAM Sleman masa jabatan 2016-2020, Rabu.

Menurut dia, PDAM Sleman juga diharapkan dapat secara dinamis meningkatkan layanannya kepada masyarakat sehingga mampu meminimalisir ketidakpuasan masyarakat atas layanan yang diberikan.

"PDAM Sleman beserta jajaran dituntut untuk peka dan jeli membaca kondisi riil di lapangan sehingga dapat terus berinovasi dalam program kerja yang dicanangkan, dimana harapannya kedepan, kinerja PDAM Sleman dapat semakin meningkat," katanya.

Ia mengatakan, PDAM Sleman telah berhasil meningkatkan prestasi layanan kepada pelanggan.

"Dari hasil audit BPKP DIY, dimana hasil audit kinerja PDAM Sleman berdasarkan Kepmendagri, pada 2012 kinerja PDAM Sleman memperoleh nilai 58,77 dengan kategori cukup, meningkat pada 2015 dengan predikat baik, dengan nilai 61,53," katanya.

Selain itu dalam audit kinerja PDAM yang penilaiannya berdasarkan Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM), PDAM Sleman pada 2012 memperoleh nilai 3,025 meningkat menjadi 3,67 pada 2015 dengan kategori sehat.

"Keberhasilan yang diperoleh ini tidak terlepas dari dedikasi dan loyalitas seluruh jajaran, untuk itu saya juga ingin memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran PDAM Sleman yang telah bersama-sama melaksanakan tugas dan kewajiban selama ini dengan kinerja yang sangat baik," katanya.

Sri Purnomo mengatakan, PDAM Sleman memiliki peran dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui jaminan ketersediaan air bersih.

"Pelantikan Direktur PDAM Sleman ini diharapkan dapat semakin memotivasi jajaran PDAM Sleman untuk semakin solid membangun sinergi baik dengan jajaran dewan pengawas, instansi terkait dan seluruh staf dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta meningkatkan kinerja PDAM Sleman secara keseluruhan," katanya.***3***

(V001)


Pewarta : Victorianus Sat Pranyoto
Editor : Victorianus Sat Pranyoto
Copyright © ANTARA 2024