Jakarta (ANTARA) - Satuan Bravo (Satbravo) 90 Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI Angkatan Udara dan pasukan khusus militer Amerika Serikat (US PAT SOFLE) latihan bersama di Pekanbaru, Riau, Kamis.

Latihan bersama itu, yang merupakan program kerja sama rutin TNI AU dan Angkatan Udara Amerika Serikat, bertujuan menambah wawasan prajurit dari dua negara mengenai tradisi militer dan cara kerja pasukan khusus masing-masing satuan.

Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsekal Madya TNI Tonny Harjono saat meninjau langsung latihan bersama/Joint Exercise Military to Military Connection (M2MC) Direct Action Ground Recconaissance (DAGR) 2023 di Pekanbaru, Kamis, menjelaskan latihan bersama itu juga bertujuan meningkatkan kerja sama dan profesionalitas pasukan khusus Angkatan Udara Amerika Serikat dan TNI AU.

Dalam kunjungannya ke Pekanbaru, Marsdya Tonny mendengar paparan mengenai detail latihan dari Komandan Detasemen 902/AKSUS Mayor Pasukan Novieary Jacky. Dia menjelaskan latihan bersama tahun ini juga menampilkan skenario operasi militer selain perang (OMSP) mengingat saat ini ancaman terhadap militer yang bersifat multidimensi.

Usai mendengar paparan, Tonny beserta rombongan lanjut melihat secara langsung penerapan skenario lengkap operasi (full mission profile) untuk latihan bersama tersebut.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kopasgat TNI AU dan pasukan khusus AS latihan bersama di Pekanbaru

Pewarta : Genta Tenri Mawangi
Editor : Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2024