Kulon Progo (ANTARA) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyerahkan benih ikan lokal sebanyak 10.000 ekor kepada kelompok masyarakat pengawas Anom Mina Lestari di Kalurahan Kanoman dalam rangka menjaga, melindungi dan melestarikan sumberdaya perikanan di perairan umum.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulon Progo Trenggono Trimulyo di Kulon Progo, Rabu, mengatakan dalam rangka meningkatkan komitmen dan kepedulian masyarakat di Kapanewon Panjatan dalam menjaga, melindungi dan melestarikan sumberdaya perikanan di perairan umum maka Kembali melaksanakan Festival Jaga Kaliku di Kapanewon Panjatan.

"Pada fesfival ini, kami menyerahkan benih ikan lokal sebanyak 10.000 ekor dengan jenis wader, nilem dan tawes," kata Trenggono.

Ia mengatakan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Anom Mina Lestari yang beranggotakan 15 orang secara aktif melakukan pendampingan, edukasi kepada masyarakat agar tidak menangkap ikan dengan alat dan bahan yang dilarang dan pengawasan di perairan umum wilayah Kalurahan Kanoman.

"Kami mengapresiasi terhadap derap langkah dan semangat pokmaswas dengan anggota yang masih muda muda dalam menjaga, melindungi dan melestarikan sumberdaya perikanan dengan kearifan lokal yang dibangun di wilayah Kalurahan Kanoman," katanya.

Trenggono mengatakan pokmaswas bukan merupakan kelompok yang mencari finansial, namun kelompok yang berjiwa sosial, karena menjadi anggota pokmaswas adalah sukarelawan yang tangguh.

"Kami berharap bantuan ini bisa meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap perikanan, sehingga ke depan dapat mencukupi kebutuhan protein masyarakat," katanya.

 


Pewarta : Sutarmi
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024