Rusli Zainal luncurkan lagu tema PON Riau

id lagu PON Riau

Rusli Zainal luncurkan lagu tema PON Riau

Maskot PON XVIII/2012 Riau (Foto farm3.static.flickr.com)

Jakarta (ANTARA Jogja) - Gubernur Riau Rusli Zainal yang juga  Ketua Umum PB PON XVIII Riau bersama jajarannya meluncurkan lagu tema PON yang berjudul 'Selamat Datang Sang Juara', Kamis.

"Lagu ini  akan digunakan sebagai 'theme song' atau lagu tema untuk PON XVIII/2012. Lagu ini juga diluncurkan untuk memberikan genta pembangkit semangat para atlet setiap daerah yang akan bertanding di ajang ini," kata Rusli Zainal dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Rusli menjelaskan, pemilihan judul lagu tema PON Riau seiring dengan para atlet yang akan berlaga nanti. Mereka adalah sang juara.

"Karena kami yakin yang akan datang ke Riau nanti adalah mereka yang telah terseleksi dengan ketat, yang pasti mereka adalah sang juara," ujar Rusli.

Rusli berharap bahwa lagu tersebut bisa membangun spirit dan semangat para atlet dalam bertanding di PON Riau mendatang.

"Tema yang diusung pada lagu Selamat Datang Sang Juara menggambarkan dukungan dan ucapan selamat bertanding bagi para atlet dari setiap daerah. Kami berharap lewat lagu ini, semangat untuk menjuarai cabang olahraga di PON Riau nanti akan muncul di benak atlet yang akan bertanding," katanya.

Lagu 'Selamat Datang Sang Juara' ini diciptakan oleh Tya Subiakto, yang dikenal seorang komposer Indonesia yang tidak hanya lewat aransemennya saja, namun juga merupakan seorang dirigen handal yang telah memimpin T&T Orchestra mencapai puncak kejayaannya di era 90-an. Lagu ini juga dinyanyikan oleh Tya Subiakto sendiri.

"Kami mengajak Tya sebagai perwakilan dari teman-teman seniman nasional untuk berkarya di ajang PON Riau. Namun tentunya nanti akan ada buah karya budayawan lokal Riau yang akan turut menghiasi dukungan kepada para atlet kita ini," kata Rusli.

Tya Subiakto menyatakan rasa bangganya karena telah diberi kesempatan untuk dapat mendukung para atlet Indonesia yang akan berlaga di PON Riau mendatang.

"Atlet Indonesia perlu di support, terutama pada PON Riau dan saya membuat lagu ini bersama musisi setempat. Bagi saya ini adalah kesempatan emas. Semoga lagu ini bisa menjadi penabuh semangat perjuangan para atlet kita," kata Tya Subiakto.

Pada kesempatan konferensi pers tersebut, lagu 'Selamat Datang Sang Juara' diputar. Intro lagu terdengar bersemangat tanpa lupa menunjukkan budaya Riau, yakni Melayu.

"Untuk aransemen kami mencoba untuk menggabungkan antara musik modern dan tradisional karena targetnya adalah anak-anak muda dan lagunya juga sporty. Untuk lagu lain, mungkin kami akan padukan jenis musik apapun tanpa lupa menggabungkan unsur melayunya," ujar Tya.

Rusli menyatakan bahwa sampai hari ini persiapan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Riau dan juga PB PON terutama pembangunan venues sudah berada diatas 94 persen.

Sementara itu, PON (Pekan Olahraga Nasional) XVIII akan digelar di Riau pada September mendatang.  (T.PSO-329)