UII Yogyakarta targetkan 20.000 pendaftar PMB

id uii yogyakarta targetkan

UII Yogyakarta targetkan 20.000 pendaftar PMB

Universitas Islam Indonesia

Jogja (ANTARA Jogja) - Universitas Islam Indonesia Yogyakarta tahun ini menargetkan sebanyak 20.000 pendaftar seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru, meningkat 2.000 orang dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai 18.000 pendaftar.

"Kami optimistis target tersebut dapat tercapai, karena beberapa program studi di Universitas Islam Indonesia (UII) meningkat akreditasinya. Hal itu akan meningkatkan animo masuk UII," kata Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UII Muhammad Syamsuddin di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia akreditasi A yang diraih Program Studi Pendidikan Dokter dan Program Studi Teknik Lingkungan UII akan mempengaruhi jumlah pendaftar PMB tahun akademik 2013/2014.

"Proses seleksi PMB diselenggarakan melalui tiga program meliputi Computer Based Test (CBT), Paper Based Test (PBT), dan Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB)," katanya.

Ia mengatakan untuk jalur CBT, calon mahasiswa dapat memilih maksimal dua pilihan program studi. Tes dilaksanakan di dalam maupun di luar kampus UII secara online untuk semua program studi kecuali Program Studi Pendidikan Dokter. Hasil tes dapat diperoleh segera setelah tes dilakukan.

Untuk PBT, semua program studi membuka seleksi calon mahasiswa melalui jalur ini. Khusus Program Studi Pendidikan Dokter, tes hanya bisa dilakukan menggunakan PBT.

"Bahkan seleksi calon mahasiswa dilakukan dalam dua tahap, yakni PBT dan seleksi tahap kedua. Setelah PBT ada seleksi tahap kedua," kata dosen Fakultas Hukum UII itu.

Menurut dia PSB adalah pola penerimaan calon mahasiswa melalui seleksi prestasi bidang akademik dan minat bakat. Semua program studi membuka jalur PSB dengan pengaturan kuota dan seleksi yang ditentukan oleh fakultas.

"Jalur itu terdiri atas tiga kategori, yakni siswa berprestasi bidang akademik, siswa berprestasi bidang olahraga dan seni, dan bibit unggul tidak mampu," kata Syamsuddin.

(B015)