Presiden anugerahkan penghargaan Kalpataru

id kalpataru presiden anugerahkan

Presiden anugerahkan penghargaan Kalpataru

Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono (presidenri.go.id)

Jakarta (Antara Jogja) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menganugerahkan penghargaan Kalpataru kepada individu maupun kelompok masyarakat pejuang pelestarian lingkungan.

Penganugerahan penghargaan ini dilaksanakan dalam peringatan puncak acara hari lingkungan hidup sedunia yang digelar di Istana Negara, Jakarta, Senin.

Penghargaan Kalpataru kali ini terdiri dari empat kategori. Kategori perintis lingkungan diberikan kepada lima individu, yaitu Suratimin asal Desa Semoyo, Yogyakarta, Nazirudin dari Nagari Malintang, Sumatera Barat, H Chareudin dari Lebak Bulus, Jakarta, Syahdan asal Kampung Sentosa Barat, Sumatera Utara dan Herman Malolende dari Dusun II Desa Walia Ate, Nusa Tenggara Timur.

Untuk Kategori Pengabdi Lingkungan, diberikan kepada Darpius Indra asal Desa Kenagarian Cerocok Anau Ampang Pulai, Sumatera Barat, Koderi dari Desa Kebonsari, Jawa Timur dan Sofia Seven dari Desa Rejosari, Riau.

Kategori Penyelamat Lingkungan diberikan kepada Kelompok Penyelamat Penyu 'Mabes Desobis' dari Kampung Aisau Papau, Kelompok Tani Usaha Bina Usaha Maju II dari Dusun Bendrong, Jawa Timur, PT Krakatau Tirta Industri dari Desa Kebonsari, Banten, LSM ECOTON dari Desa Bambe, Jawa Timur dan Kelompok Tim Relokasi Kawasan Permukiman Atas Air dari Marga Sari Kalimantan Timur.

Kategori Pembina Lingkungan diberikan kepada H Amran Nur dari Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, Vincensius Nurak dari Desa Kefa Selatan, Nusa Tenggara Timur dan Efi Saefudin dari Desa Menes, Banten.

    
                           Adipura
Selain itu dalam kesempatan itu juga dilaksanakan penyerahan penghargaan anugerah Adipura. Pada 2013, penghargaan Adipura diterima oleh 149 kota/kabupaten dari 374 daerah yang mengikuti. Sejumlah 33 kota/kabupaten menerima penghargaan Anugerah Adipura untuk pertama kalinya.

Jumlah penerima penghargaan pada 2013 meningkat dibandingkan dengan 2012 yang sebanyak 125 kota/kabupaten.

 Sementara tujuh kota/kabupaten mendapatkan Anugerah Adipura Kencana karena dinilai melampaui batas pencapaian dari segi pengendalian pencemaran air dan udara, pengelolaan tanah, perubahan iklim, sosial, ekonomi serta keanekaragaman hayati.

Tujuh kota/kabupaten tersebut Kotamadya Surabaya, Kotamadya Tangerang, Kotamadya Malang, Kotamadya Balikpapan, Kabupaten Tulungagung, Kotamadya Bontang dan Kabupaten Lamongan.(M041)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024