UNY-Undana kerja sama pengembangan kelembagaan

id uny-undana kerja sama

UNY-Undana kerja sama pengembangan kelembagaan

Universitas Negeri Yogyakarta

Jogja (Antara Jogja) - Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Nusa Cendana Kupang, Nusa Tenggara Timur, menjalin kerja sama dalam bidang pengembangan kelembagaan dan pemberdayaan sumber daya.

Kerja sama itu dituangkan dalam nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rochmat Wahab dan Rektor Universitas Nusa Cendara (Undana) Frans Umbu Datta di Yogyakarta, Rabu.

Rochmat Wahab mengatakan bahwa kerja sama itu dalam rangka pengembangan kelembagaan dengan memanfaatkan sumber daya yang disediakan oleh masing-masing pihak dalam pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, serta pemberdayaan sumber daya.

"Kerja sama itu bermanfaat untuk seluruh masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) karena sebelumnya telah banyak institusi dari NTT yang bekerja sama dengan UNY untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia," katanya.

Frans Umbu Datta mengatakan bahwa kerja sama itu mengentalkan persahabatan antara UNY dan Undana. Ke depan, kerja sama itu juga akan meliputi kerja sama hukum dan akademik dalam berbagai bidang.

"Undana akan mengirimkan lulusan `fresh graduate` untuk menempuh program Strata 2 (S-2) di UNY. Pada tahun 2015, diharapkan ada yang sudah lulus dan mengabdikan diri di kampus Undana," katanya.

Menurut dia, Undana akan membuka Kampus II di Flores karena lulusan SMA/SMK dari delapan kabupaten di Flores mencapai sekitar 58.000 orang.

Dari jumlah itu, sekitar 23.000 orang menempuh pendidikan di luar Flores dan perguruan tinggi swasta yang ada di Flores hanya bisa menampung sekitar 4.000 mahasiswa.

Oleh karena itu, peluang mendirikan perguruan tinggi masih terbuka dengan populasi terbesar pada bidang pendidikan.

"Undana telah diizinkan membuka tujuh fakultas di Flores dan akan menerapkan uang kuliah tunggal sebesar Rp1,5 juta per semester bagi semua mahasiswa," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024