KPK geledah rumah Ratu Atut

id kpk johan budi

KPK geledah rumah Ratu Atut

Juru Bicara KPK Johan Budi SP menjawab pertanyaan wartawan (Foto Antara)

Jakarta (Antara Jogja) - Komisi Pemberantasan Korupsi menggeledah rumah Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah terkait penyidikan dugaan korupsi dalam pengurusan sengketa pemilihan kepala daerah (pilkada) di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Tadi dini hari, 17 Desember 2013, penyidik KPK melakukan penggeledahan di rumah Ratu Atut Chosiyah, terkait penyidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pengurusan perkara sengketa pilkada Lebak di MK dengan tersangka TCW (Tubagus Chaeri Wardana) dan kawan kawan," kata Juru Bicara KPK Johan Budi di Jakarta, Selasa.

Rumah tersebut terletak di Jalan Bayangkara No 51 Cipocok, Serang Banten.

 "Sampai saat ini proses penggeledahan masih berlangsung," tambah Johan.

Penggeledahan, menurut Johan, dilakukan untuk mencari jejak-jejak tersangka.

Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan adalah adik kandung Atut yang juga suami Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

Atut dan Airin sudah dicegah pergi keluar negeri dan keduanya juga telah diperiksa KPK pada 10 Desember dalam kasus yang sama.

Tersangka lain dalam kasus dugaan korupsi sengketa Pilkada Lebak bersama dengan Wawan adalah mantan Ketua MK Akil Mochtar dan advokat sebagai penerima suap, sedangkan Wawan diduga sebagai pemberi suap, KPK menyita uang senilai Rp1 miliar di rumah orang tua Susi sebagai barang bukti.

Wawan juga menjadi tersangka dalam penyidikan kasus korupsi pengadaa alat kesehatan (Alkes) Tangerang Selatan bersama dengan Pejabat Pembuat Komitmen yaitu Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan dan Promosi Kesehatan (SDK dan Promkes) Tangerang Selatan Mamak Jamaksari serta pihak swasta PT MAP Mikindo Adiguna Pratama (MAP) Dadang Prijatna.

 Ada sejumlah anggota keluarga Atut yang menduduki jabatan pemerintahan di provinsi Banten dan tingkat pusat.

 Mereka adalah Andhika Hazrumy (anak pertama Atut) sebagai anggota DPD dari Provinsi Banten, Ade Rosi Khairunnisa (Istri Andhika) yaitu Wakil Ketua DPRD Kota Serang, Andiara Aprilia Hikmat (anak kedua Atut) menjadi calon anggota DPR, Tanto Warsono Arban (suami Andiara) menjadi calon anggota DPR RI.

Selanjutnya, Heryani (ibu tiri Atut) menjabat Wakil Bupati Pandeglang, Ratu Tatu Chassanah (adik kandung Atut) yaitu Wakil Bupati Serang, Tubagus Chaerul Jaman (adik tiri Atut) menjabat sebagai Wali Kota Serang, serta Airin Rachmi Diany (istri Wawan) yaitu Wali Kota Tangerang Selatan.

    (D017)

Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024