PAN-Gerindra-Golkar berpeluang jagokan Ridwan Kamil di Pilkada DKI Jakarta 2024

id Ardli Johan Kusuma,Ridwan Kamil,Bursa Pilgub Jakarta,PAN Gerindra Golkar,Pilgub Jakarta,Pilkada Serentak 2024,Pilkada 20

PAN-Gerindra-Golkar berpeluang jagokan Ridwan Kamil di Pilkada DKI Jakarta 2024

Pengamat politik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Ardli Johan Kusuma. (ANTARA/Dokumen Pribadi)

Jakarta (ANTARA) - Pakar ilmu politik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Ardli Johan Kusuma mengatakan bahwa terdapat peluang terbentuknya koalisi antara Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerindra, dan Partai Golkar di Pilgub DKI Jakarta.

Ardli menyampaikan bahwa koalisi tersebut dapat terbentuk usai Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyebut peluang partainya mengusung kader Golkar, yakni mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) atau akrab disapa Kang Emil. Sebelumnya, Zulhas sempat mengatakan bahwa PAN akan terus beriringan dengan Gerindra, termasuk untuk Pilgub DKI Jakarta.

“Peluang terbentuknya koalisi antara PAN, Gerindra, dan Golkar dalam pertarungan Pilgub DKI Jakarta saat ini terbuka sangat besar karena kita lihat bahwa ketiga partai ini masih dalam kondisi hubungan yang hangat-hangatnya setelah memenangkan Pilpres 2024 beberapa waktu yang lalu. Sehingga, komunikasi tentunya dapat dilakukan dengan baik,” kata Ardli saat dihubungi ANTARA dari Jakarta, Jumat.



Walaupun demikian, ia memperkirakan bahwa ketiga partai tersebut akan membutuhkan upaya komunikasi yang lebih serius dalam menentukan nama calon yang diusung di Pilgub DKI Jakarta.

Sementara itu, ia mengatakan bahwa nama RK berpotensi besar untuk diusung PAN-Gerindra-Golkar nantinya. Namun, lanjut dia, survei-survei elektabilitas akan menjadi pertimbangan untuk mengambil langkah terkait pencalonan RK di Jakarta.

“Meskipun saat ini Golkar sendiri sebagai partai yang menaungi RK masih belum menentukan sikap, apakah RK akan diajukan sebagai calon gubernur di DKI Jakarta ataupun di Jawa Barat,” ujarnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pakar: Ada peluang PAN-Gerindra-Golkar usung RK di Pilgub DKI Jakarta