Budi daya cacing sutera sukses dikembangkan di Sleman

id sleman

Budi daya cacing sutera sukses dikembangkan di Sleman

Kabupaten Sleman (Foto antaranews.com)

Sleman (Antara Jogja) - Asosiasi Cacing Sutera Dusun Gancahan, Desa Sidomulyo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, berhasil mengembangkan budi daya cacing sutera.

Keberhasilan ini budidaya cacing sutera di Gancahan ditandai dengan melakukan panen perdana hasil budidaya yang dilakukan langsung Bupati Sleman Sri Purnomo, Kamis.

"Diharapkan akan semakin banyak kelompok budidaya cacing sutera yang berkembang di Kabupaten Sleman mengingat potensinya yang cukup menguntungkan," kata Sri Purnomo.

Menurut dia, di DIY masih terjadi defisit produksi perikanan yang cukup besar. Kebutuhan akan ikan yang cukup tinggi, namun tidak diiringi dengan tingkat produksi ikan yang memadai.

"Kebutuhan akan ikan per tahunnya di DIY, �mencapai kurang lebih 90 ribu ton, sementara produksi ikan per tahunnya baru mencapai kurang lebih 70 ribu ton. Jadi, di DIY mengalami defisit produksi perikanan sebesar kurang lebih 20 ribu ton per tahunnya," katanya.

Ia mengatakan, dewasa ini budidaya ikan semakin berkembang, kebutuhan akan pakan menjadi salah satu masalah yang menjadi perhatian serius dari akuakulturis yang bergerak di bidang ini.

"Salah satu pakan yang menjadi kebutuhan bagi kegiatan budidaya adalah pakan alami dan yang paling banyak digunakan maupun diperjual belikan adalah cacing sutera," katanya.

Sri Purnomo mengatakan, menilik potensi perikanan yang begitu besar, tentunya juga memberikan dampak positif bagi usaha budidaya pakan ikan termasuk diantaranya budidaya cacing sutera.

"Permintaan cacing sutera sangat tinggi, terlebih pada musim penghujan harga cacing sutera melonjak dua kali lipat dikarenakan ekosistem cacing sutera di saluran air �hilang akibat tersapu air," katanya.

Ia mengatakan, diharapkan para petani ikan untuk dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan di luar keahlian dalam budidaya perikanan.

"Melalui budidaya cacing sutera saya yakin dapat meningkatkan pendapatan para petani guna memajukan kesejahteraan. Para petani harus memiliki orientasi pasar dalam usaha budidaya perikanan," katanya.

V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024