Aptisi: pemerintah perlu perhatikan mahasiswa terdampak bencana

id edy suandi hamid

Aptisi: pemerintah perlu perhatikan mahasiswa terdampak bencana

Edy Suandi Hamid (edy suandi)

Jogja (Antara Jogja) - Pemerintah dan masyarakat perlu lebih memperhatikan pendidikan para siswa dan mahasiswa yang terkena dampak bencana, kata Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia Edy Suandi Hamid.

"Bantuan kepada siswa dan mahasiswa terdampak bencana itu perlu menjadi perhatian pemerintah, masyarakat, dan pihak-pihak terkait. Hal itu perlu dilakukan karena banyak yang kesulitan untuk kembali mengenyam pendidikan," katanya di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, pada saat awal terjadinya bencana, banyak bantuan mengalir karena euforia untuk membantu korban masih besar. Namun beberapa waktu usai bencana terjadi, banyak yang mulai lupa bahwa sebenarnya masyarakat korban bencana masih membutuhkan uluran tangan.

"Para korban banyak yang belum dapat beraktivitas seperti biasa sehingga pendapatan keluarga merosot. Akibatnya banyak siswa dan mahasiswa yang kesulitan untuk kembali mengenyam pendidikan," kata mantan Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta itu.

Berkaitan dengan hal itu, kata dia, Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) mendata beberapa mahasiswa dan siswa terdampak bencana erupsi Gunung Sinabung yang membutuhkan bantuan di Kabupaten Karo, Sumatra Utara.

"Aptisi memberikan bantuan beasiswa kepada siswa dan mahasiswa itu melalui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo dan langsung kepada mereka di lokasi bencana," kata Guru Besar Fakultas Ekonomi UII itu.

Ia mengatakan bantuan itu diharapkan dapat meringankan para mahasiswa dan siswa tersebut serta menstimulus elemen-elemen masyarakat untuk terus membantu korban bencana erupsi Gunung Sinabung.

"Menurut pengamatan Aptisi di lapangan, banyak orang tua yang kesulitan untuk membiayai anak-anaknya yang kuliah," katanya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau PTS anggota Aptisi untuk membebaskan atau memberi keringanan biaya kuliah, dan bahkan bisa memberikan beasiswa pada mahasiswa yang keluarganya mengalami kesulitan finansial akibat letusan Sinabung.

"Pada waktu lalu, saat terjadi bencana tsunami Aceh, gempa bumi Bantul, Padang, dan Liwa, dan erupsi Merapi di Sleman, banyak PTS yang membantu meringankan beban mahasiswa dari wilayah bencana tersebut," katanya.

(U.B015)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024