Dahlan berburu tikus bersama petani Karawang

id dahlan iskan berburu

Dahlan berburu tikus bersama petani Karawang

Menteri BUMN Dahlan Iskan (( antaranews.com))

Karawang (Antara Jogja) - Menteri BUMN Dahlan Iskan, Senin pagi, di Desa Lemah Duwur, Karawang, Jawa Barat, mengajak para petani untuk berburu tikus, hama yang menjadi penghambat peningkatan produksi padi di wilayah itu.

Berangkat dari Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, sekitar pukul 07:00 WIB dan tiba di Desa Duwur pukul 08:00 WIB, Dahlan disambut meriah ratusan petani.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Dahlan didampingi direksi PT Pupuk Indonesia, untuk memberikan penyuluhan penggunaan pupuk yang baik dan benar.

Sesaat kemudian, Dahlan tampak sudah tidak sabar. Mengenakan sepatu boot, mantan Dirut PT PLN itu langsung turun ke sawah menangkap tikus bersama petani dan puluhan anak desa.

Dengan antusias, sekitar 20 menit Dahlan menangkap tikus. Bahkan ia hampir terpeleset masuk lubang berlumpur di pinggiran sawah.

Tidak kapok sampai di situ, ia terus menyemangati anak-anak desa yang masih menangkap tikus agar mereka berhati-hati.

"Awas, hati-hati jangan sampai digigit. Pokoknya jangan sampai digigit. Itu tikus merusak padi, jadi tangkap sebanyak-banyaknya," teriak Dahlan.

Setelah ikut berpartisipasi menangkap tikus, pria kelahiran Magetan, 17 Agustus 1951 ini kemudian memilih berteduh sambil berbincang-bincang dengan para petani di wilayah itu.

Saat itu pula Dahlan meladeni permintaan warga petani yang ingin berfoto bersama dengan dirinya.

Selain Karawang, Dahlan juga dijadwalkan mengunjungi kawasan persawahan lainnya di Jawa Barat, untuk memastikan bahwa para petani tidak kekurangan pupuk.

Sebelumnya, kegiatan serupa juga pernah dilakukan oleh Dahlan Iskan pada Juni 2013 di Sidodulur, Godean, Sleman, Daerah Istimewa Yogjakarta yang berhasl menangkap ribuan ekor tikus yang selama menjadi perusak padi milik petani.  
(R017)


Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar