Rifat Sungkar coba kemampuan di Rally Cross

id rifat sungkar coba

Rifat Sungkar coba kemampuan di Rally Cross

Rifat Sungkar (Foto antaranews.com)

Jakarta (Antara Jogja) - Pereli nasional Rifat Sungkar berencana mencoba kemampuannya dengan turun di kejuaraan bergengsi rally cross setelah sebelumnya suami dari Sissy Pricilia itu menggeluti nomor sprint rally dan offroad.

Rally cross merupakan ajang belapan seperti halnya motor cross. Lintasan balap yang digunakan berada didalam stadion dan memiliki tingkat kesulitan dan rintangan yang tinggi.

"Rally cross perkembangannya cukup pesat. Saat di Amerika saya juga sudah melihat ketatnya persaingan. Kendaraan juga bisa jumping. Yang jelas saya pengen mencoba," kata Rifat Sungkar di Jakarta, Senin.

Menurut dia, rally cross saat ini berkembang dengan pesat. Bahkan beberapa juara dunia WRC juga banyak yang turun pada kejuaraan yang mengandalkan kecepatan serta hiburan ini. Kondisi ini jelas membuktikan jika rally cross memang layak untuk dicoba.

"Kendaraannya power full, bahkan lebih kencang dari WRC. Bahkan dari 1 meter ke 100 meter saja hanya membutuhkan waktu 1,8 detik," kata ayah satu anak itu.

Meski berminat turun di rally cross, anak pasangan Ria dan Helmy Sungkar itu belum memutuskan kapan waktu yang tepat untuk turun. Hal ini terjadi karena untuk satu tahun ini masih fokus dalam mengurus keluarga kecilnya.

Selain itu, Rifat Sungkar juga masih fokus pada beberapa kejuaraan yang diikuti terutama offroad. Sesuai dengan rencana, juara nasional delapan kali itu akan turun di Speed Master di Subang, 16-17 Agustus dan 26 Agustus turun di kejurnas.

"Disana (Amerika Serikat) banyak relasi. Saya berharap bisa bergabung dengan tim disana. Kalau tidak turun di rally cross kemungkinan turun lagi di WRC tahun depan," kata saudara pereli nasional Rizal Sungkar itu.

Khusus untuk turun di offroad, Rifat Sungkat tetap menggandalkan Mitsubishi Pajero dengan mesin diesel. Bahkan, saat ini sedang membangun kendaraaan baru yang diharapkan menjadi andalan pada kejuaraan berikutnya.

"September mungkin selesai. Yang jelas, kendaraan baru ini lebih enteng dibandingkan sebelumnya. Alasan kami bikin kendaraan baru karena lawan kendaraannya tambah cepat," kata Rifat menjelaskan.

Meski menggunakan kendaraan dengan mesin diesel, Rifat Sungkar sudah mampu menunjukkan kemampuan terbaikknya. Bahkan tahun lalu menjadi juara umum offroad untuk kelas free for all.

(B016)

 
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024