Wisatawan memadati Pantai Nglambor Gunung Kidul

id pantai gunung kidul

Sejumlah pantai di Kabupaten Gunung Kidul, DIY, dipadati pengunjun saat musim liburan. Tingginya pengunjung, karena keindahan pantai dengan pasir putih. (Foto ANTARA/Mamiek)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Wisatawan memadati objek wisata pantai sepanjang 73 kilometer di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, khususnya Pantai Nglambor karena menyuguhkan wisata snorkeling.

Pegelola jasa persewaan alat snorkeling Bintang Nglambor Snorkeling (BNS) di Pantai Nglambor Yusuf Adhitya Putratama, Gunung Kidul, Minggu, mengatakan sejak libur Natal, jumlah wisatawan mencapai ribuan setiap harinya.

"Setiap hari kalau yang berkunjung ke Pantai Nglambor mencapai ribuan orang sejak 24 Desember yang bermain snorkeling separuhnya," kata Adhitya.

Jika dibanding jumlah pengunjung pada hari libur biasa, kata dia, terjadi peningkatan jumlat wisatawan sekitar 100 persen.

Ia mengaku tidak menyangka peningkatan begitu besar saat libur Natal dan Tahun Baru 2016.

"Peningkatan pada tahun ini cukup banyak sehingga wisatawan harus mengantre saking banyaknya. Kami juga membatasi karena untuk menjaga ekosistem laut," ucapnya.

Menurut Adhitya, aktivitas snorkeling tidak dapat sewaktu-waktu dilakukan karena lokasinya di kawasan pasang-surut. Oleh karena itu, harus menyesuaikan gelombang.

"Hari ini aktivitas snorkeling bisa dilakukan pada pukul 07.00--15.00 WIB. Maka, wisatawan sejak pagi sudah berdatangan. Kalau ombak tidak bersahabat, kami hentikan aktivitas demi kenyamanan dan keamanan wisatawan sendiri. Ada yang memaksa, kami tetap tidak mau ambil risiko," kata dia.

Untuk informasi bisa dilakukan dengan melihat situs web Pantai Nglambor dan sejumlah media sosial, seperti Instagram, Twitter, dan Facebook @pantainglambor. "Agar wisatawan tidak kecele sampai sini, informasi kami sediakan," katanya.

Sementara itu, Koordinator Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Kawasan Pantai Siung Warijo mengatakan bahwa sejak dibukanya snorkeling jumlah wisatawan meningkat hingga 70 persen dibandingkan sebelum Pantai Nglambor dijadikan lokasi wisata bahari.

"Setiap hari ribuan orang datang ke sini sejak ada snorkeling," katanya.***1***

(KR-STR)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar