DIY siapkan beragam kegiatan wisata sambut Lebaran

id jatilan

DIY siapkan beragam kegiatan wisata sambut Lebaran

Kesenian "Jatilan" (Foto ANTARA)

Yogyakarta,  (Antara Jogja) - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta telah menyiapkan beragam kegiatan wisata khusus guna menyambut wisatawan selama libur Lebaran 2016.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Daerah Istimewa Yogyakarta Aris Riyanta di Kantor Kepatihan, Yogyakarta, Kamis, mengatakan kegiatan wisata khusus libur lebaran mulai 2-10 Juli sengaja disiapkan untuk meningkatkan daya tarik dan lama kunjungan wisata.

"Asumsinya saat libur Lebaran orang yang datang Yogyakarta ada yang bertujuan untuk silaturahim dan ada yang memang untuk rekreasi," kata Aris.

Menurut Aris agenda kegiatan wisata yang telah disiapkan bersama Dinas Pariwisata di lima kabupaten/kota sebagian besar akan berlokasi di sejumlah objek wisata dan desa wisata di darah setempat.

Aris menyebutkan untuk Kabupaten Sleman, di antaranya pentas jatilan di Museum Gunung Merapi (MGM), Kaliurang, lomba tangkap lele di Desa Wisata Brajan, lomba burung berkicau di Desa Wisata Kadisoba, serta Syawalan dengan konsep adat dan tradisi setempat di Agrowisata Turi.

Di Bantul, lanjut Aris, akan diselenggarakan pementasan campursari di Pantai Biru, pementasan musik Koesplus di Pantai Parang Tritis, serta Jatilan di Goa Selarong.

Selanjutnya, di Gunung Kidul akan diselenggarakan Festival Kuliner di Gedung Pemda Gunung Kidul, pagelaran budaya di Desa Wisata Bejiharjo, serta pertunjukan seni jathilan di Desa Wisata Bleberan dan Desa Wisata Pacarejo.

Adapun di Kabupaten Kulon Progo. Akan diselenggarakan sejumlah atraksi kesenian di Pantai Glagah, Pantai Trisik, dan Gua Kiskendo.

Aris berharap dengan dihadirkannya beragam kegiatan wisata tersebut mampu meningkatkan kunjungan wisata di DIY dengan target peningkatan 10-15 persen dibanding Lebaran 2015 atau meningkat dari 2,4 juta pengunjung pada 2015 menjadi 2,6 juta pengunjung pada Lebaran tahun ini.

"20 Desa Wisata di Kabupaten Sleman justru menargetkan masing-masing dikunjungi sekitar 500-700 wisatawan selama libur lebaran," kata dia.

Sementara itu, ia berharap selain mengunjungi objek-objek wisata populer di DIY, selama libur lebaran wisatawan juga dapat mengunjungi beragam destinasi wisata alternatif seperti Taman Breksi, Sleman, Kebun buah Mangunan, Kabun The Nglinggo Kulon Progo, serta keindahan batuan vulkanik "Lava Bantal" di Berbah, Sleman.

"Biasanya orang yang sudah beberapa kali datang ke Yogyakarta menginginkan objek wisata yang baru," kata dia.***1***

(L007)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021