34 bregada ikuti Festival Kirab Budaya Sleman

id bregada

34 bregada ikuti Festival Kirab Budaya Sleman

ilustrasi, Prajurit Bathok Bolu (tembi.net)

Sleman, (Antara Jogja) - Sebanyak 34 bregada prajurit tradisional dari 17 kecamatan se-Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan tampil pada Festival Kirab Budaya di kawasan kompleks pemerintah daerah setempat, 24 September 2016.

"Ke-34 bregada prajurit tersebut bakal menghibur masyarakat dan wisatawan dengan melakukan kirab sepanjang satu kilometer dengan star Lapangan Denggung menuju Lapangan Pemda Sleman mulai pukul 13.00 WIB," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi di Sleman, Jumat.

Menurut dia, Festival Kirab Budaya Bregada tersebut merupakan rangkaian kegiata Pelangi Budaya Bumi Merapi yang berlangsung 23 hingga 25 September di komplek Lapangan Denggung Sleman.

"Masyarakat dan wisatawan yang menonton Kirab Bragada Prajurit tersebut diharapkanmenjaga keamanan dan ketertiban agar dapat menyaksikan kirab dengan nyaman dan tidak menimbulkan kerusakan taman yang ada disepanjang jalur kirab," katanya.

Ia mengatakan, diharapkan pula untuk berhati-hati terhadap perhiasan maupun anak-anak kecil untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kami juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat umum dan pengguna jalan di Jalan KRT Pringgodiningrat dan Jalan Parasamya yang terpaksa ditutup untuk pelaksanaan kirab Bregada Prajurit mulai pukul 13.00-17.00 WIB," katanya.

Ayu mengatakan, usai Kirab Bregada Prajurit Tradisional, pada malam harinya mulai pukul 18.00 di Gedung Serbaguna disajikan wayang suket, emprak, jeber juwes, kethek ogleng, dadungawuk, srunthul, sampakan.

"Sedangkan Minggu 25 September 2016 diawali pada pukul 10.00 WIB di Panggung KRT Pringgodiningrat dipentaskan atraksi kesenian jathilan, orchestra serenade, tarian teatrikal, flashmop," katanya.

Ia mengatakan, pada Minggu 25 September sore digelar Kirab Pelangi Budaya Bumi Merapi yang terdiri atas 55 kontingen dari berbagai kalangan dan komuitas seni budaya, museum, sekolah, perwakilan luar daerah yaitu Riau, Lampung, Papua, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, NTB.

"Festival Bragada Prajurit akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp20 juta, dengan rincian untuk penampil terbaik 1 hingga terbaik 6 secara berturut-turut memperoleh hadiah tropi dan uang pembinaan sebesar Rp5 juta, Rp4,5 juta, Rp4 juta, Rp3 juta, Rp2 juta, dan Rp1,5 juta," katanya.***4***

(V001) 

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024