Warga Yogyakarta dipersilakan laporkan SKPD tidak netral

id Warga Yogyakarta dipersilakan laporkan SKPD tidak netral

Warga Yogyakarta dipersilakan laporkan SKPD tidak netral

Pilkada (Foto Istimewa) (istimewa)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Pelaksana Tugas Wali Kota Yogyakarta Sulistyo mempersilakan warga setempat ikut melaporkan jajaran satuan kerja perangkat daerah yang diketahui tidak netral selama momentum Pilkada Kota Yogyakarta 2017.

"Semua orang bisa melaporkan pada tim pengawas pemilu, baik dari foto, media, atau kegiatan yang dilakukan. Kalau SKPD terbukti tidak netral maka bisa ditindak," kata Sulistyo seusai menghadiri acara pembentukan Satgas Waspada Investasi DIY di Yogyakarta, Kamis.

Ia menjelaskan dalam upaya menjaga netralitas, seluruh SKPD sebaiknya memilih menghindari berbagai kegiatan kedinasan yang bersinggungan dengan salah satu pasangan Calon Wali Kota Yogyakarta.

"Harus berhati-hati atau menghindari, jangan sampai kita tidak tahu kalau ada unsur ketidaknetralan dalam kegiatan itu," kata dia.

Ia mengatakan hingga saat ini telah mendatangi 10 SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta disertai dengan imbauan agar berkomitmen menjaga netralitas, termasuk menghindari pernyataan atau gurauan yang dapat mengganggu netralitas PNS dalam pilkada.

"Semua orang melihat kita. Netralitas itu bisa dilihat dari omongan atau bisa dari tulisan. Kita harus berusaha menahan diri selama lima bulan untuk menjaga netralitas," kata dia.

Menurut dia, suasana damai dalam Pilkada Kota Yogyakarta 2017 akan mampu terwujud apabila dimulai dari sikap pemangku kepentingan yang mampu memberikan contoh positif kepada masyarakat.

"Dimulai dari kita kemudian menyebar ke masyarakat," kata dia.



(T.L007)