UNY berkomitmen mantapkan pendidikan karakter

id uny

UNY berkomitmen mantapkan pendidikan karakter

UNY (Foto Istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Universitas Negeri Yogyakarta memasuki usia ke-53 berkomitmen memantapkan pendidikan karakter untuk melahirkan sumber daya manusia yang bertaqwa, mandiri, dan cendekia.

"Dalam usianya yang ke-53, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memantapkan identitas sebagai kampus `leading in character education`," kata Rektor UNY Rochmat Wahab pada pencanangan peringatan Dies Natalis Ke-53 UNY di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, pendidikan karakter menjadi isu penting di UNY dalam lima tahun terakhir karena sebagian anak bangsa seolah telah kehilangan karakter. Pancasila dan kearifan lokal yang menjadi identitas bangsa di beberapa tempat hanya menjadi slogan.

"Berbagai perilaku amoral, tindakan anarkis, dan perilaku koruptif menjadi sajian dan tontonan di berbagai media. Oleh karena itu gerakan UNY memantapkan pendidikan karakter sungguh memiliki relevansi yang strategis bagi masa depan Indonesia yang lebih baik," katanya.

Ia mengatakan pelaksanaan dies natalis penting sebagai bahan evaluasi setiap tahun. Dies natalis merupakan momentum penting bagi UNY untuk merefleksikan apa yang telah diperbuat dalam perjalanan sejarahnya.

"Usia 53 tahun bukanlah usia muda atau dewasa, tetapi merupakan usia matang. Hal ini harus menyadarkan semua sivitas akademika UNY bahwa kampus harus terus bergerak ke depan dan mengukir banyak karya dan prestasi seiring dengan usianya yang semakin matang," kata Rochmat.

Ketua Panitia Dies Natalis Ke-53 UNY Zainal Arifin mengatakan kegiatan itu mengangkat tema "Internalisasi Pendidikan karakter Dalam Membangun Kemandirian Bangsa" sebagai sebuah komitmen bersama bagi semua sivitas akademika UNY.

"Komitmen itu untuk memperkokoh visi UNY sebagai `leading in character education` dan menginternalisasikannya dalam setiap kegiatan sehingga dapat melahirkan sumber daya manusia yang bertaqwa, mandiri, dan cendekia agar mampu berkontribusi dalam membangun kemandirian bangsa khususnya kompetisi di era global," katanya.

Pencanangan peringatan Dies Natalis Ke-53 UNY itu dilakukan Rektor Rochmat Wahab dengan membunyikan sirine dan penyerahan pohon sawo kecik kepada tiap pimpinan unit di UNY.

Pencanangan itu juga dimeriahkan dengan kirab mobil karya mahasiswa UNY yang akan mengikuti Shell Eco-Marathon Asia di Singapura pada Maret 2017, penampilan Tim Karnaval FT UNY, pertunjukan silat nusantara, dan atraksi terjun payung.

(U.B015)
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024