Gapura batas Kota Yogyakarta kembali terpasang

id Gapura batas Kota Yogyakarta kembali terpasang

Gapura batas Kota Yogyakarta kembali terpasang

Proses pemasangan struktur kerangka gapura batas kota Yogyakarta di Jalan Laksda Adisucipto. (Foto ANTARA/Eka Ariffa/ags/17)

Yogyakarta (Antara) - Struktur kerangka bagian atas gapura batas Kota Yogyakarta di Jalan Laksda Adisucipto yang diturunkan beberapa waktu lalu, kini kembali terpasang dan diharapkan menjadi ikon baru di Yogyakarta.

"Pemasangan kerangka bagian atas gapura batas kota berjalan lancar. Pemasangan dimulai pada Kamis (24/8) sekitar pukul 23.00 WIB dan selesai pada Jumat pukul 05.00 WIB," kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti yang menyempatkan melakukan pengawasan secara langsung pemasangan gapura di Yogyakarta, Jumat.

Menurut Haryadi, gapura batas kota tersebut akan menjadi ikon sekaligus penanda bagi masyarakat saat akan memasuki wilayah Kota Yogyakarta khususnya dari arah timur.

Gapura batas kota tersebut, lanjut dia, akan diberi ornamen menarik yang menunjukkan ciri khas Kota Yogyakarta dan akan dipercantik dengan penataan lampu yang indah.

"Jika dibanding desain lama, sebenarnya tidak ada perubahan yang signifikan pada gapura baru ini. Tetapi, kami akan coba tambah dengan lampu yang ditata sedemikian rupa sehingga menarik. Akan dianggarkan pada anggaran berikutnya," katanya.

Ia berharap, gapura batas kota yang baru tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di antaranya sebagai tempat swafoto asalkan dengan tetap memperhatikan keselamatan lalu lintas.

Haryadi kemudian memberikan apresiasi dan terima kasih kepada pihak ketiga yang sudah memasang kembali gapura batas kota tersebut. "Pada awalnya, saya tidak membayangkan bagaimana struktur gapura bisa diangkat karena cukup berat," katanya.

Struktur bagian atas gapura dengan berat 3,8 ton tersebut diangkat menggunakan alat berat. Proses pemasangan harus dilakukan dengan cermat karena ada beberapa fasilitas umum yang ada di sekitar gapura seperti kabel listrik dan telepon.

Gapura batas kota tersebut memiliki ketinggian sembilan meter dan dinyatakan cukup aman untuk dilewati kendaraan berbadan besar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta Agus Tri Haryono mengatakan, struktur gapura terbuat dari besi anti karat.

"Total berat seluruh konstruksi mencapai 5 ton. Pemasangan dilakukan dengan lancar. Selama pemasangan, kami melakukan penutupan jalan sementara," katanya. ***4***Budi Suyanto

(U.E013/B/B008/B008) 25-08-2017 13:17:00
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar