Cacing hati ditemukan di 154 hewan kurban

id cacing hati

Cacing hati ditemukan di 154 hewan kurban

cacing hati (FOTO ANTARA/Oky Lukmansyah)

Bantul, 2/9 (Antara) - Dinas Pertanian Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menemukan cacing hati pada 154 hewan kurba yang disembelih Jumat (1/9) atau hari pertama Idul Adha di daerah ini.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Bantul Joko Waluyo di Bantul, Sabtu, mengatakan jumlah temuan cacing hati itu masih data sementara yang ditemukan petugas hingga Jumat (1/9) pukul 18.44 WIB.

"Cacing hati ditemukan di 109 sapi dari 3.448 ekor yang disembelih dan 27 kambing 4.268 ekor yang disembelih dan 18 domba dari 4.777 ekor yang disembelih. Di Bantul, ada 1.279 lokasi penyembelihan. Sebagian besar dilakukan di halaman masjid atau mushala, " kata Joko Waluyo.

Ia mengatakan, jumlah hewan kurban yang disembelih pada Idul Adha 1438 Hijriah di Bantul kemungkinan masih bertambah, karena sebagian panitia kurban melaksanakan penyembelihan pada hari kedua Idul Adha atau Sabtu (2/9).

"Ada 170 petugas pemantau hewan kurban yang diterjunkan. Mereka terdiri 70 orang petugas kesehatan hewan yang merupakan staf dinas pertanian, serta 100 mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan UGM," katanya.

Joko menjelaskan, tindakan yang diambil petugas saat menemukan cacing hati adalah dengan memotong bagian atau keseluruhan hati yang diserang cacing kemudian menguburkannya, sedangkan daging masih bisa dikonsumsi.

"Kami minta masyarakat tidak risau dengan temuan penyakit cacing hati pada hewan kurban, karena tidak mempengaruhi kualitas daging. Sepanjang diolah dengan suhu di atas 100 derajat, maka daging aman dikonsumsi masyarakat," katanya.

Joko Waluyo menambahkan, penyakit cacing hati pada hewan ternak sangat sulit diketahui saat hewan masih hidup karena tidak ada gejala tertentu, namun akan diketahui usai disembelih dan dilihat hatinya. ***4***
Pewarta :
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024