Sleman memperoleh peringkat "BB" evaluasi SAKIP 2017

id Sleman

Sleman memperoleh peringkat "BB" evaluasi SAKIP 2017

Branding Kabupaten Sleman "Sleman The Living Culture" (Foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto) (antara)

Sleman (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendapatkan peringkat BB atau sangat baik untuk evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Wilayah III Tahun 2017.

Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tersebut diserahkan langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur kepada Bupati Sleman Sri Purnomo, di Yogyakarta, Selasa.

??Dalam kesempatan tersebut Asman berharap seluruh pemerintah daerah, baik kabupaten/kota maupun provinsi, harus mampu mengimplementasikan SAKIP di daerahnya masing-masing dengan baik.

"SAKIP memiliki fungsi sebagai tolok ukur seberapa besar manfaat dan `outcome` dari sebuah anggaran, serta perubahan apa saja yang bisa dirasakan masyarakat," katanya.

Menurut dia, kinerja pemerintahan yang baik adalah kinerja yang mampu dirasakan manfaat dan "outcome"-nya oleh masyarakat.

"Kita selama ini bangga ketika melaporkan serapan anggaran yang lebih dari 90 persen di OPD kita. Kita juga bangga ketika melaporkan keuangan dengan predikat WTP. Lalu ketika kita tanya manfaatnya untuk masyarakat apa, hasilnya apa, `outcome`-nya apa, di situ lama menjawabnya," katanya.

Ia mengatakan, dengan SAKIP ini yang ditekankan adalah manfaat dan "outcome" apa dari sebuah anggaran untuk masyarakat.

"Ditargetkan seluruh kabupaten/kota dan provinsi untuk 2018 ini tidak ada yang mendapat predikat CC, C, dan D evaluasi SAKIP. Hasil evaluasi SAKIP seluruh kabupaten/kota dan provinsi pada 2018 minimal mendapat peringkat B," katanya.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengucapkan terimakasih untuk seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Sleman yang telah bekerja sama dengan baik. Dengan hal tersebut sehingga mendapat hasil evaluasi SAKIP 2017 ini dengan nilai BB.

"Diharapkan kinerja Pemerintah Kabupaten Sleman mampu ditingkatkan lagi pada 2018 ini. Harapan saya kedepannya supaya ditingkatkan lagi inovasi-inovasi, supaya tahun depan bisa meningkat lagi dan bisa dapat predikat A," katanya.

Acara tersebut dihadiri 12 pemerintah provinsi dan 161 kabupaten/kota. Pemerintah DIY menjadi satu-satunya provinsi yang mendapat peringkat A pada kesempatan tersebut dengan nilai SAKIP rata-rata 84,22.

Sedangkan seluruh empat kabupaten dan satu kota di DIY masing-masing mendapat peringkat BB dengan nilai rata-rata 74,28.



(U.V001)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024