Warga mulai berdatangan melayat di kediaman Probosutedjo

id Pemakaman,probosutedjo meninggal dunia

Warga mulai berdatangan melayat di kediaman Probosutedjo

Lokasi Pemakaman Somenggalan , Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Sedayu, Bantul. (Foto ANTARA)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Ratusan warga dari berbagai kalangan, Senin sore, mulai berdatangan melayat di Kediaman Probosutedjo di Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kediaman Probosutedjo terletak bersebelahan dengan Makam Somenggalan tempat Probo akan dimakamkan pada Senin ini.

Martiningsih (40), warga Desa Argomulyo yang datang bersama putrinya mengaku merasa memiliki kewajiban untuk melayat dan melihat langsung proses pemakaman jenazah Probosutedjo.

Meski Probo jarang mengunjungi kediamannya di Kemusuk, ia menilai sosok Probo telah berjasa bagi kemajuan masyarakat setempat.

"Semoga beliau (Probo) `khusnul khotimah. Warga di sini merasa sangat kehilangan," kata ibu rumah tangga ini.

Menurut dia, sejumlah pembangunan yang dilakukan Probo di daerah itu membuat perkonomian warga meningkat. Di Dusun Kemusuk, Probo membangun Museum Soeharto, sedangkan di Sedayu Probo membangun Kampus Universitas Mercu Buwana dan Sekolah Kesatuan Bangsa mulai SMP-SMA.

"Saya merasa desa ini lebih maju atas jasa-jasanya," kata dia yang mengaku mengetahui informasi berpulangnya Probo dari pembicaraan warga setempat.

Sementara itu, Luwy Blaster (40) seorang seniman lukis di Dusun Kemusuk mengaku terpanggil untuk datang langsung ke kediaman Probo. Luwy menganggap Probo sebagai sosok yang konsisten merawat budaya Jawa.

"Saya sangat mengapresiasi sosok Probo karena dari dulu saya tahu beliau selalu mementaskan kesenian-kesenian Jawa setiap membuat acara di sini," kata dia.

Menurut dia, Probo bukan pribadi yang sulit ditemui. Probo juga dinilai terbuka dan senang berdiskusi dengan kalangan seniman di daerah itu. "Bagi saya Pak Probo merupakan sosok yang pantas dihormati dan disegani," kata dia.

Probosutedjo meninggal di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo pada pukul 7.05 WIB pagi tadi dan Selanjutnya akan dibawa ke Yogyakarta pukul 16.00 WIB.

Jenazah Probo akan dimakamkan tepat disamping makam ayahandanya Atmopawiro di Kompleks Makam Somenggalan, Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Sedayu, Bantul.
(T.L007)26-03-2018 15:11:11

Baca juga: Persiapan pemakaman jenazah probosutedjo sudah 80 persen

 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024