Bantul pasang fasilitas internet kawasan Paseban

id internet

Bantul pasang fasilitas internet kawasan Paseban

layanan internet (foto Antara)

Bantul (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta berencana memasang fasilitas untuk mengakses internet berupa Wifi di kawasan Lapangan Paseban guna mendukung pertumbuhan lingkup ruang publik tersebut.

"Kalau di lingkup Lapangan Paseban memang belum ada, dan kemarin sudah ada `dawuh` (perintah) dari Bupati untuk memasang di sana," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Bantul Nugroho Eko Setyanto di Bantul, Selasa.

Menurut dia, rencana pemasangan fasilitas internet atau Wifi yang bisa dinikmati masyarakat di kawasan Paseban itu, karena melihat perkembangan pertumbuhan ekonomi di depan pendopo Kantor Bupati dan Wakil Bupati Bantul tersebut.

"Pertumbuhan ekonomi di lingkup Paseban khususnya kalau malam hari itu kan cukup pesat, sehingga kita kemarin diminta untuk memfasilitasi masyarakat agar nanti kegiatan komunikasi dan promosi di sana bisa lancar," kata Nugroho.

Pihaknya berharap dengan adanya fasilitas Wifi di ruang publik Bantul nanti masyarakat yang berkunjung di samping mencari informasi juga bisa viralkan beberapa kegiatan positif yang ada di kawasan Paseban.

"Untuk tahapnya kita masih dalam perencanaan khususnya infrastruktur, karena memang di sana sebelumnya belum ada. Kalau nanti sudah siap untuk dipasang di titik mana kita nanti akan suport di sana," katanya.

Ia mengatakan, sebab kalau untuk lingkup kabupaten khususnya di komplek Pendopo Parasamya Bantul sudah bisa dikaver fasilitas wi fi-nya, meski masih dalam area di dalam komplek kantor pemerintahan Pemkan Bantul itu.

"Jadi di Pendopo dan sekitarnya memang sudah ada wi fi untuk publik, tinggal nanti mengembangkan ke selatan sedikit. Jadi memang untuk infrastruktur di area publik lingkup kabupaten dan dinas sudah ada semua," katanya.

Sedangkan terkait dengan ruang publik kawasan Jalan Jenderal Sudirman yang sudah selesai penataan, Nugroho mengatakan, sejauh ini belum ada rencana pemasangan fasilitasi internet itu, tetapi akan dikomunikasikan.

"Kalau Jenderal Sudirman itu belum, nanti coba kita akan korodinasikan juga dengan beberapa pihak terkait, dengan Telkom misalnya, barangkali mau mendukung dengan CSR-nya, harapannya seperti itu," katanya.