Pemudik di Terminal Jombor meningkat

id terminal jombor

Pemudik di  Terminal Jombor  meningkat

Ilutrasi-Suasana Terminal Jombor (Foto Antara/Luqman Hakim)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Jumlah penumpang di Terminal Jombor, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta berdasarkan catatan Dinas Perhubungan Sleman terus mengalami peningkatan sejak H-7 hingga H-4 Lebaran.

"Sampai saat ini sejak H-7, tren penumpang maupun jumlah kendaraan yang masuk maupun berangkat di Terminal Jombor terus meningkat," kata Petugas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dinas Perhubungan Sleman yang berdinas di Terminal Jombor, Herman Jaya di Sleman, Senin.

Menurut dia, hingga H-5 Lebaran kedatangan dan keberangkatan penumpang bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Jombor mencapai 3.975 orang jauh meningkat dari H-7 mencapai 2.864 orang.

"Sedangkan untuk jumlah bus yang datang dan berangkat mencapai 377 bus," kata Herman.

Puncak arus mudik di Termianl Jombor diperkirakan pada Selasa (12/6) atau H-3 Lebaran.

Ketua Perwakilan Agen Bus Malam (Pabima) Terminal Jombor Sony Kurniawan mengatakan hingga saat ini seluruh tiket bus malam untuk berbagai tujuan di Terminal Jombor sudah habis terjual.

"Sudah habis untuk arus mudik ini, tapi untuk arus balik masih tersedia," kata dia.

Menurut dia, penumpang di Terminal Jombor didominasi penumpang tujuan Sumatera, khususnya Lampung, sedangkan untuk tujuan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) tidak terlalu banyak.

Menurut dia, apabila dibandingkan Lebaran 2017, jumlah penumpang tahun ini meningkat 30 persen karena libur Lebaran 2018 lebih lama dan bersamaan dengan libur sekolah.