Wisatawan diimbau tidak berenang di Pantai Parangtritis

id pantai parangtritis

Pantai Parangtritis Bantul Yogyakarta (Foto ANTARA)

Bantul (Antaranews Jogja) - Wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada libur Idul Fitri 1439 Hijriah diimbau tidak berenang atau mandi di pantai tersebut demi keamanan dan keselamatan diri.

"Kami sudah memasang spanduk himbauan di beberapa titik agar wisatawan tidak berenang di pantai," kata Komandan Posko Pengamanan Lebaran kawasan Pantai Parangtritis Iptu Tujianto di Bantul, Minggu.

Menurut dia, imbauan itu disampaikan agar wisatawan tidak menjadi korban terseret arus ombak, sebab meski kondisi gelombang pantai hanya berkisar satu hingga dua meter, tetapi di sepanjang pantai selatan, terdapat banyak palung yang sangat berbahaya.

Dia mengatakan, selain menyampaikan imbauan larangan berenang dan mandi lewat spanduk, petugas Posko SAR yang ada di Pantai Parangtritis juga menyampaikan imbauan secara langsung kepada wisatawan yang berkunjung ke pantai lewat pengeras suara.

"Karena mandi di laut memang sangat berbahaya, karena bisa terseret arus ombak, jadi wisatawan kami harapkan agar menaati imbauan yang disampaikan petugas," katanya.

Sementara itu, Sekretaris SAR Bantul, Taufiq M Dari mengatakan, tingkat kunjungan wisatawan ke pantai pada Lebaran ketiga ini meningkat dibanding Lebaran pertama dan kedua, tetapi jika dibanding dengan Lebaran 2017 ada penurunan jumlah pengunjung di Pantai Parangtritis.

"Meski ada peningkatan volume kendaraan yang datang ke Pantai Parangtritis dibandingkan Lebaran hari pertama, namun secara umum mengalami penurunan jika dibanding tahun lalu," katanya.

Berdasarkan data dari Pos Lebaran Parangtritis menyebutkan, jumlah kendaraan wisatawan yang masuk melalui pintu retribusi TPR Parangtritis selama libur Lebaran mencapai lebih dari 200 ribu kendaraan, baik roda dua maupun roda empat dari Jakarta, Bandung, Solo dan Klaten Jawa Tengah.

"Antrean panjang kendaraan biasanya mulai terjadi pada pukul 11.00 WIB sampai sore, jika terjadi antrean panjang di pintu retribusi, khusus roda dua akan ditarik ke selatan," kata Komandan Posko Lebaran Parangtritis Iptu Yulianto.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar