Pramuka diharapkan mampu memupuk mental kepribadian kuat

id Pramuka

Pramuka diharapkan mampu memupuk mental kepribadian kuat

kegiatan perkemahan (Foto ANTARA)

Bantul (Antaranews Jogja) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta Suharsono mengharapkan gerakan pramuka mampu memupuk mental kepribadian yang kuat bagi  generasi muda dan anggota organisasi pendidikan nonformal di kabupaten ini. 
     
"Melalui Gerakan Pramuka ini dapat memupuk mental kepribadian yang kuat, disiplin dan pantang menyerah," kata Bupati dalam Apel Besar Hari Pramuka ke 57 Tahun 2018 Kwartir Daerah Gerakan Pramuka DIY di Stadion Sultan Agung Bantul, Selasa.
       
Bupati Bantul yang juga selaku Ketua Majelis Pembina Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Bantul ini mengatakan, Gerakan Pramuka harus mampu menjadi wadah untuk membangun karakter kaum muda melalui berbagai kegiatan yang dilakukan.
     
"Untuk itu, saya mengajak anggota Pramuka di Bantul bersemangat mengikuti semua kegiatan dan aktifitas kepramukaan serta bangga menjadi anggota Pramuka," kata Bupati Suharsono. 
     
Sedangkan kepada jajaran pengurus Kwarcab (Kwartir Cabang) dan Kwaran (Kwartir Ranting) Bupati mengajak semua pihak untuk terus mengembangkan Gerakan Pramuka di daerah yang tidak hanya di gugus depan berbasis sekolah.
     
"Akan tetapi juga yang berbasis wilayah serta menigkatkan kemandirian Gerakan Pramuka pada manajemen pengelolaan pendidikan Pramuka," katanya. 
     
Apel Besar Hari Pramuka di Stadion Sultan Agung Bantul itu dihadiri ribuan anggota Pramuka se-Bantul. Kegiatan itu dihadiri Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X beserta Ketua Kwarda Gerakan Pramuka DIY GKR Mangkubumi serta jajaran Muspida, Kepala OPD, Camat, anggota Pramuka Bantul. 
     
Dalam menyemarakkan Apel Besar Hari Pramuka dengan tema Pramuka Perekat NKRI itu ditampilkan tarian dan jathilan oleh anggota Pramuka Bantul dan atraksi "marching band" dari Madsaba Gita Swara dari Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Bantul.