Nelayan Kulon Progo panen tangkapan lobster

id Lobster

Nelayan Kulon Progo panen tangkapan lobster

Lobster (Foto Istimewa)

Kulon Progo (Antaranews Jogja) -  Nelayan Pantai Congot  Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, panen hasil tangkapan lobster setelah hampir sebulan tidak melaut karena gelombang tinggi.
      "Satu minggu terakhir, gelombang stabil dengan ketinggiaan sekitar tiga meter. Saat ini musim tangkapan lobster, dan hasil tangkapan cukup banyak," kata salah seorang nelayan Pantai Congot Rubingan di Kulon Progo, Sabtu.
     
Ia mengatakan rata-rata hasil tangkan ikan 10 kilogram setiap melaut. Nelayan ada menangkap 5 kilogram (kg), 7 kg, 15 kg.  Jenis lobster yang ditangkap, yakni lobster batu dan lobster hijau yang laku dijual pada kisaran hara Rp350.000 per kg.
     
Ada juga yang mendapatkan satu lobster mutiara berukuran satu kg yang laku dijual seharga Rp1,1 juta.
     
"Lobster dijual kepada pengepul setempat yang biasanya akan dikirim lagi ke Cilacap atau Kebumen, Jawa Tengah," katanya.
     
Rubingin mengatakan nelayan Pantai Congot sudah mendapat sosialisasi tentang kriteria lobster yang boleh ditangkap dan dijual dari Dinas Kelautan dan Perikanan. Nelayan tidak akan menangkap lobster yang bertelur dan masih di bawah dua ons.
     
"Kami mematuhi aturan pemerintah untuk tidak menangkap lobster yang ukurannya di bawah dua ons dan lobster yang sedang bertelur. Kami selalu dipantau dari DKP dan selalu melaporkan hasil tangkapan ikan," katanya.
   
Nelayan Pantai Congot lainnya, Suroto mengatakan saat ini memang sedang musim panen lobster, namun nelayan akan langsung melepas lobster yang masih berukuran kecil atau sedang bertelur. Ukuran lobster pada musim kali ini terhitung lebih besar daripada pada musim tahun lalu. 
     
Lobster ini ditangkap menggunakan jaring tanpa memerlukan umpan. Walau demikian, nelayan harus berani melaut agak jauh dari bibir pantai. Selain itu, rela tangan terluka karena terkena karang atau menarik kuat jaring yang tersangkut karang. 
   
"Hasil tidak menentu, apalagi lobster sifatnya bergerombol. Tapi ukurannya sekarang besar-besar, kami jadi semangat mengejarnya," katanya.
     
Selain lobster, nelayan saat ini mendapatkan banyak tangkapan berupa ikan talang, tengiri, layur yang dihargai Rp35.000 per kg di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pantai Congot. "Tidak kendala berarti saat melaut, kecuali keberadaan banyaknya sampah di perairan," katanya.