BUMDesa Sambimulyo kelola wisata Tebing Breksi

id Breksi

Wisata Tebing Breksi Meningkatnya Wisatawan di Taman Tebing Breksi di perbukitan Desa Sambirejo, Sleman, Yogyakarta. Jumlah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Taman Tebing Breksi mengalami peningkatan yang tajam, faktor yang menjadikan kunjungan ke Taman Tebing Breksi semakin meningkat dikarenakan banyak event baik seni dan budaya yang digelar di tempat tersebut sehingga menarik wisatawan berdatangan. (Foto ANTARA/IRFAN ADI SAPUTRA/ags/16)



Sleman  (Antaranews Jogja) - Badan Usaha Milik Desa  Sambimulyo, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  mengelola kawasan wisata Taman Tebing Breksi di kawasan perbukitan wilayah setempat.

     

"Saat ini kami telah membentuk badan usaha milik desa wisata desa terpadu (bumisadu) BUM-Desa Sambimulyo, Desa Sambirejo kami siap mengelola obyek wisata Taman Tebing Breksi yang ada di wilayah kami tersebut," kata Kepala Desa Sambirejo Mujimin di Prambanan, Sleman, Jumat.

     

Menurut dia, setelah BUM-Desa Sambimulyo diberi kewenangan mengelola Taman Tebing Breksi pihaknya mulai melakukan sejumlah penataan untuk pendapatan desa.

     

"Salah satunya yakni mulai 1 Januari 2019, kawasan wisata Tebing Breksi akan menggunakan tiket masuk, sebelumnya wisatawan yang berkunjung ke Tebing Breksi gratis dan hanya ditarik ongkos  parkir kendaraan," katanya.

     

Ia mengatakan, harga tiket masuk kawasan Taman Tebing Breksi tersebut  nantinya akan dipungut Rp5.000 untuk satu wisatawan domestik dan Rp10.000 untuk wisatawan mancanegara.

     

"Selama ini wisatawan hanya bayar Rp2.000 untuk parkir dan seikhlasnya untuk biaya masuk yang digunakan untuk pemeliharaan kawasan Breksi," katanya.

     

Mujimin mengatakan, sebelum ada BUM-Desa Sambimulyo, wisata Taman Tebing Breksi dikelola oleh Kelompok Sadar Wusata (Pokdarwis) "Lowo Ijo" yang dikelola pemuda setempat.

     

"Dari pengelolaan tersebut  sebesar 12 persen dari pendapatan 'Lowo Ijo' masuk ke Pendapatan Asli Desa (PADes) Desa Sambirejo," katanya.

     

Ia mengatakan, dengan adanya BUM-Desa Sambimulyo, maka Pokdarwis "Lowo Ijo" akan bergabung sebagai salah satu unit kerja BUM-Desa dan anggotanya akan diangkat menjadi karyawan.

     

"Kami berharap dengan terbentuknya BUM-Desa Sambimulyo ini, pengelolaan objek wisata Taman Tebing Breksi bisa lebih tertata sehingga mampu mengangkat perekonomian masyarakat di sini," katanya.

     

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih mengatakan kawasan wisata Taman Tebing Breksi Sambirejo Prambanan merupakan destinasi baru yang berhasil memenangkan penghargaan destinasi wisata baru pada ajang Pesona Wisata Indonesia 2017.

     

"Taman Tebing Breksi ini saat ini sedang banyak diminati Wisatawan lokal maupun domestik dan beberapa wisatawan manca," katanya.

     

Ia mengatakan di kawasan Tebing Breksi ini wisatawan dapat menikmati keindahan panorama perbukitan Prambanan, suasana saat matahari terbenam dan wisata kuliner khas daerah setempat.

     

"Wisatawan juga dapat menikmati keindahan alam di kawasan tersebut dengan menyewa jip wisata yang akan membawa ke sejumlah destinasi seperti wisata sejarah Candi Ijo, Candi Barong, Candi Banyunibo dan candi lain di Prambanan, selain juga spot-spot menarik lainnya," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar