Bupati Sleman: Kaliurang masih menjadi wisata unggulan libur akhir tahun

id Kaliurang ,Tebing Breksi ,Liburan akhir tahun ,Bupati Sleman ,Wisata Sleman

Bupati Sleman: Kaliurang masih menjadi wisata unggulan libur akhir tahun

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo. ANTARA/Victorianus Sat Pranyoto

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Kustini Sri Purnomo menyebutkan objek wisata alam Kaliurang di lereng Gunung Merapi dan Tebing Breksi di Prambanan masih menjadi destinasi wisata unggulan pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Selain Kaliurang dan Tebing Breksi, beberapa objek wisata seperti Candi Prambanan, Keraton Ratu Boko dan lainnya masih menjadi destinasi favorit wisatawan pada liburan Natal dan tahun baru nanti," kata Kustini di Sleman, Jumat.

Menurut dia, pihaknya optimistis kunjungan wisatawan ke destinasi wisata di Sleman pada liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 masih akan tetap ramai meskipun tidak ada acara khusus di sejumlah destinasi tersebut.

"Kami optimistis kunjungan wisatawan pada liburan Natal dan tahun baru nanti bisa mencapai lebih dari 300.000 orang di semua wisata se Sleman meskipun tidak ada acara khusus," katanya.



Ia mengatakan Pemkab Sleman maupun Dinas Pariwisata Sleman memang tidak mengadakan acara khusus pada liburan Natal dan tahun baru.

"Namun beberapa acara reguler biasa di akhir pekan tetap ada di sekitar kawasan lereng Gunung Merapi," katanya.

Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, hingga November 2023 jumlah kunjungan wisata di Kabupaten Sleman tercatat sebanyak 6.557.650 kunjungan.

Jumlah tersebut setara dengan 93,68 persen dari target kunjungan tujuh juta wisatawan sepanjang 2023. Kunjungan didominasi wisatawan dalam negeri 6.371.919 kunjungan atau setara dengan 97,47 persen.

Kunjungan terbanyak berasal dari Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta dan Banten dengan total mencapai 90,56 persen dari total kunjungan.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024