1.241 calon haji Sleman 2019 ikuti taaruf

id Taaruf

1.241 calon haji Sleman 2019 ikuti taaruf

Kegiatan Ta'aruf jamaah calon haji Kabupaten Sleman tahun 2019 (Foto Antara/Humas Sleman)

Sleman  (Antaranews Jogja) - Sebanyak 1.241 jamaah calon haji Kabupaten Sleman Tahun 2019 untuk pertama kalinya bertemu dan bersilaturahmi dalam acara Taaruf di Masjid Agung Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Minggu.
     
Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan Taaruf sangatlah penting guna menciptakan rasa saling menghormati dan memahami karakter antara jamaah calon haji.
     
"Sehingga jamaah calon haji nantinya dapat menjalankan ibadah haji dengan khusyuk dan dapat menjadi haji yang mabrur. Pelaksanaan ibadah haji itu sendiri pada dasarnya merupakan wujud taaruf akbar antarmanusia yang telah diciptakan berbangsa-bangsa," katanya.
     
Sri Muslimatun berharap para jamaah calon haji dapat mempersiapkan diri secara matang, baik lahir maupun batin. Dengan begitu setelah pulang dari tanah suci nanti para jamaah haji dapat meningkatkan nilai akhlaknya serta mampu mencegah diri dari perbuatan maksiat.
     
"Sehingga para jamaah haji dapat menjadi teladan bagi masyarakat di sekitarnya dalam hal berperilaku dan bersikap. Banyaknya umat Islam yang menunaikan ibadah haji ini idealnya dapat membawa energi positif kepada bangsa Indonesia," katanya.
     
Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sleman yang sekaligus perwakilan dari Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY Sa’ban Nuroni, mengatakan bahwa pihaknya siap untuk memberikan bimbingan, pelayanan dan perlindungan kepada semua jamaah calon haji.
     
"Hal tersebut sesuai dengan Undang-undang Tentang Haji Nomor 13 Tahun 2008. Hal ini tak lain agar para jamaah haji dapat melaksanakan ibadah haji sebagaimana mestinya dan dapat menjadi haji yang mabrur sesuai yang diharapkan bersama," katanya.
     
Ia mengatakan, setelah ini nanti masih ada 15 atau 16 pertemuan lagi.
     
"Diharapkan jamaah calon haji dapat mengikuti dengan fokus dan serius. Agar nantinya semua dapat menjadi haji yang mandiri selama menjalankan ibadah haji nanti" katanya.
     
Menurut dia, selain sebagai ajang silaturahmi antarcalon haji, acara tersebut juga bertujuan untuk memberikan informasi terkait kebijakan pemerintah terkait iabadah haji.
     
Pada kesempatan tersebut juga disampaikan terkait kelengkapan dan persyaratan yang harus dipersiapkan oleh calon jamaah haji sebelum pemberangkatan ibadah haji nanti.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024