Komisi A desak Pemda DIY segera perbaiki saluran air cegah banjir

id Bajir

Komisi A desak Pemda DIY segera perbaiki saluran air cegah banjir

Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan, Eko Suwanto cek selokan di kawasan Rejowinangun Yogyakarta, Sabtu malam. (Istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan, Eko Suwanto mendesak Pemda DIY dan Pemkot Yogyakarta segera memperbaiki saluran air di perkampungan warga untuk mencegah banjir mengingat masih tingginya curah hujan di daerah ini.

 "Kami rekomendasikan, mengingat ini musim hujan yang cukup lebat dalam beberapa minggu terakhir ini. Untuk segera melakukan pengecekan dilapangan, alur-alur sungai dan selokan yang masuk di perkampungan," kata Eko di sela dialog bersama saat mengecek langsung selokan di kawasan Rejowinangun Yogyakarta, Sabtu malam.

Tokoh Kelurahan Rejowinangun, Taryono menjelaskan saat hujan tiba, maka selokan warga selalu direpotkan dengan luapan yang bersumber dari selokan yang  sudah tidak representatif. Sebab, debit air dan tinggi tanggul selokan sudah melebihi kapasitas. 

"Air yang masuk diselokan ini semua dari arah Jalan Kebon Raya dan juga dari jalan Gedong Kuning, semua masuk dan meluap disini," kata Taryono.

Sugeng (48) warga Krangsari RT 47 RW 05 Kelurahan Rejowinangun  menyampaikan keluhan  sama. Sugeng mengaku, sudah mengalami air hujan tergenang saat musim hujan sejak bertahun-tahun.

Sesuai kewenangan yang dimiliki,  Eko Suwanto menyatakan  segera melakukan komunikasi dan merekomendasikan kepada Pemda DIY dan Pemda Kota Yogyakarta untuk kembali memeriksa dan melakukan pengecekan lapangan terkait keluhan masyarakat ini.

Tidak hanya di lingkungan Rejowinangun, ia juga telah merekomendasikan wilayah-wilayah lain yang memiliki dampak yang sama saat hujan tiba.

"Kami rekomendasikan, mengingat ini musim hujan yang cukup lebat dalam beberapa minggu terakhir ini. Untuk segera melakukan pengecekan dilapangan, alur-alur sungai dan selokan yang masuk di perkampungan," kata Eko Suwanto anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD DIY .

Eko Suwanto mengajak pemda agar bisa turun langsung ke lapangan untuk melakukan pengecekan saluran-saluran air milik warga sehingga laporan-laporan seperti ini tidak terjadi lagi. 

"Saya kira pemda harus segera turun langsung dan melihat dari dekat. Tidak hanya disini, beberapa wilayah lain yg rawan banjir dan genangan air diantaranya Klitren," kata Eko Suwanto politisi muda PDI Perjuangan .

Eko menambahkan pada Senin (11/03) akan mengajak berdiskusi pihak-pihak terkait agar keluhan masyarakat ini berbuah solusi. Sebagaimana diketahui Komisi A bermitra dengan BPBD yang menangangi penanggulangan bencana.

"Senin besok saya akan komunikasi dengan Pemda DIY khususnya BPBD agar sama-sama menemukan jalan keluar. Intinya bagaimana tidak ada lagi keluhan seperti ini. Kita juga rekomendasikan Pemda DIY ingatkan Pemkot agar mendisplinkan penggunaan tata ruang agar pembangunan tidak merusak daerah resapan air. Bangunan yang tak terkontrol atau tidak sesuai perijinan dan peruntukan serta saluran air yang kurang baik di Jogja merupakan hal yang perlu mendapatkan perhatian pemda," kata Eko Suwanto.