Pimpinan definitif DPRD Kota Yogyakarta dilantik awal Oktober 2019

id Pelantikan,pimpinan DPRD, DPRD Kota Yogyakarta

Pimpinan definitif DPRD Kota Yogyakarta dilantik awal Oktober 2019

Ilustrasi pelantikan anggota DPRD Kota Yogyakarta periode 2019-2024 (Eka Arifa Rusqiyati)

Yogyakarta (ANTARA) - Rapat pimpinan DPRD Kota Yogyakarta memutuskan bahwa agenda rapat paripurna pengucapan sumpah untuk pelantikan pimpinan definitif DPRD Kota Yogyakarta periode 2019-2024 digelar 1 Oktober dipandu Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta.

“Sesuai hasil rapat pimpinan dewan hari ini, ada dua agenda kegiatan yang akan dilakukan awal Oktober. Selain pelantikan pimpinan definitif juga akan dilakukan penetapan susunan anggota alat kelengkapan,” kata Pelaksana Tugas Sekretaris DPRD Kota Yogyakarta Prima Hastawan di Yogyakarta, Kamis.

Penetapan agenda rapat paripurna pelantikan pimpinan definitif dilakukan setelah DPRD Kota Yogyakarta menerima Surat Keputusan Gubernur DIY No 219/KEP/2019 tertanggal 25 September 2019 tentang peresmian ketua dan wakil ketua DPRD Kota Yogyakarta untuk masa jabatan 2019-2024.

Dalam keputusan tersebut dinyatakan bahwa Danang Rudiyatmoko ditetapkan sebagai Ketua DPRD Kota Yogyakarta, dan HM Fursan serta Dhian Novitasari menjadi wakil ketua. “Peresmian akan dihitung mulai tanggal pengucapan sumpah atau janji,” katanya.

Sedangkan agenda rapat paripurna penetapan susunan keanggotaan alat kelengkapan yang terdiri dari empat komisi, badan musyawarah, badan kehormatan, dan badan pembentukan peraturan perundang-undangan diagendakan digelar pada 2 Oktober.

“Pada hari yang sama juga akan dilakukan rapat paripurna penyampaian pengantar KUA PPAS 2020 oleh wali kota,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Sementara DPRD Kota Yogyakarta Danang Rudiyatmoko mengatakan, agenda pertama yang akan dilakukan setelah dilantik sebagai pimpinan definitif lembaga legislatif adalah menetapkan susunan alat kelengkapan.

“Sehari setelah dilantik, maka akan dilakukan penetapan susunan alat kelengkapan. Formasi di tiap-tiap alat kelengkapan sudah ada, sehingga tinggal ditetapkan saja,” katanya.

Dengan alat kelengkapan yang sudah ditetapkan tersebut, lanjut Danang, akan segera dilakukan pembahasan mengenai RAPBD 2020 sehingga dapat diselesaikan tepat waktu yaitu maksimal akhir November.

“Pembahasan anggaran akan dilakukan secara maraton supaya selesai tepat waktu. Saya kira, seluruh anggota dewan baru memiliki semangat untuk segera menyelesaikan pembahasan anggaran,” katanya.

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar