Lampu PKL Malioboro bakal diganti jenis LED

id Malioboro, PKL, lampu, LED

Lampu PKL Malioboro bakal diganti jenis LED

PKL Malioboro Yogyakarta (Eka Arifa Rusqiyati)

Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta akan melakukan penggantian lampu neon yang kini terpasang di kios pedagang kaki lima kawasan Malioboro dengan lampu berjenis “light emitting diode” yang lebih hemat energi.

“Penggantian lampu ini juga disebabkan lampu neon di pedagang kaki lima (PKL) Malioboro sudah berusia tua. Sudah mencapai maksimal pemakaian dan harus diganti,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Penerangan Jalan Umum Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta Suko Darmanto di Yogyakarta, Jumat.

Sebelumnya, lampu yang digunakan PKL Malioboro baik di sisi timur maupun barat memiliki daya 40 watt dan akan diganti dengan LED dengan daya 20 watt.

Selain lebih hemat energi dan ramah lingkungan, Suko mengatakan, LED memiliki ‘life time’ yang lebih panjang dan kekuatan penyinaran yang lebih baik dibanding lampu neon sehingga suasana PKL saat malam hari akan terlihat lebih terang.

Total titik lampu yang akan diganti mencapai sekitar 600 titik. Setiap PKL, khususnya makanan biasanya memakai sebanyak tiga hingga empat titik lampu di tiap kios mereka.

“Lelang sudah selesai tinggal penandatanganan kontrak dan kami segera melakukan sosialisasi dilanjutkan penggantian lampu ke PKL Malioboro,” kata Suko yang mengalokasikan anggaran Rp600 juta untuk penggantian lampu PKL Malioboro.

Penggantian lampu untuk PKL di sisi barat jalan akan dilakukan dari ujung utara hingga ujung selatan Jalan Malioboro, sedangkan di sisi timur dilakukan dari gerbang Kepatihan hingga Pasar Beringharjo.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro Ekwanto mengatakan fasilitas lampu untuk penerangan bagi PKL di kawasan utama wisata di Kota Yogyakarta tersebut sudah ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah Kota Yogyakarta.

“Pedagang tidak dipungut biaya apapun untuk lampu,” katanya yang menyebut sosialisasi penggantian lampu kepada PKL terus dilakukan.

Selain penggantian lampu untuk PKL Malioboro dengan lampu LED, DPUPKP Kota Yogyakarta juga melakukan program peningkatan penerangan jalan umum di jalan lingkungan dan kampung serta penggantian lampu penerangan jalan dengan jenis LED, salah satunya di Jalan Brigjen Katamso.
 

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024