Dishub Sleman pasang ATCS di APILL simpang lima UNY

id Simpang Lima UNY,Simpang UNY,ATCS,APILL,Traffic light,Dishub Sleman,Sleman

Dishub Sleman pasang ATCS di APILL simpang lima UNY

Arus kendaraan di simpang lima UNY yang padat dan semrawut. (Foto Antara/Victorianus Sat Pranyoto)

Sleman (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, memasang dan melakukan uji coba alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL) di simpang lima Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Karangmalang dan  akan memasang area traffic control system (ATCS).

"Secara teknis, 'traffic light' tersebut belum dilengkapi ATCS," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kabupaten Sleman Marjanto di Sleman, Rabu.

Menurut dia, pemasangan perangkat ATCS di simpang lima UNY tersebut dianggarkan pada tahun ini.

"ATCS baru akan diadakan tahun ini. Jika sudah dilengkapi ATCS nantinya, akan memudahkan petugas dalam memonitor APILL dari jarak jauh termasuk mengatur ulang siklus, dan kerusakan alat," katanya.

Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dishub Kabupaten Sleman Bambang Sumedi Laksono mengatakan tender pengadaan "hardware" dan "software" ATCS sudah berjalan dengan anggaran sekitar Rp600 juta.

"Kemungkinan Februari atau Maret nanti sudah bisa ditempatkan di simpang UNY," katanya.

Ia mengatakan, jenis ATCS yang dipasang bukan sekadar sistem yang biasa melainkan "full responsif". Pirantinya antara lain CCTV, dan antena untuk ditempatkan pada masing-masing kaki simpang.

"Salah satu kelebihan sistem ini dapat dimonitor melalui ponsel," katanya.

Bambang mengatakan, ke depan APILL simpang UNY juga akan dilengkapi sensor tambahan untuk menginformasikan kepada pengguna jalan yang melanggar marka "stop line".

"Yang dipasang sensor tambahan ini baru di simpang Colombo," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar