Perpustakaan Yogyakarta mengoptimalkan "Sapa Ratu" layani peminjaman buku

id perpustakaan,yogyakarta,sapa ratu,peminjaman buku

Perpustakaan Yogyakarta mengoptimalkan "Sapa Ratu" layani peminjaman buku

Ilustrasi - Layanan Sapa Ratu, yaitu layanan "drive thru" untuk peminjaman dan pengembalian buku di Perpustakaan Kota Yogyakarta. (ANTARA/Eka AR)

Yogyakarta (ANTARA) - Perpustakaan Kota Yogyakarta menerapkan kebijakan khusus selama tanggap darurat COVID-19 dengan tidak membuka layanan peminjaman buku secara langsung tetapi mengoptimalkan Sapa Ratu yaitu inovasi layanan drive thru peminjaman dan pengembalian buku.

“Layanan peminjaman langsung di gedung Perpustakaan Kota Yogyakarta ditiadakan," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko di Yogyakarta, Jumat.

Namun, warga masih bisa meminjam atau mengembalikan buku melalui layanan Sapa Ratu yang sistemnya drive thru. "Tidak perlu turun dari kendaraan dan masuk ke gedung untuk meminjam atau mengembalikan buku,” katanya.

Layanan Sapa Ratu atau sarana peminjaman dan pengembalian buku pustaka langsung tanpa turun dari kendaraan tersebut bisa diakses di Perpustakaan Kota Yogyakarta yang berada di Kotabaru.

“Saya kira, masyarakat tetap membutuhkan buku bacaan, terlebih saat ini aktivitas lebih banyak dilakukan di rumah untuk mencegah penularan virus corona. Buku menjadi alternatif yang baik untuk mengisi waktu,” katanya.

Ia bahkan menyebut pengunjung perpustakaan yang mengakses layanan Sapa Ratu tersebut meningkat cukup signifikan hingga dua kali lipat dibanding saat layanan peminjaman secara langsung masih dibuka.

“Proses peminjaman atau pengembalian buku melalui Sapa Ratu ini sangat mudah dan cepat. Kira-kira hanya membutuhkan waktu sekitar lima menit saja,” katanya.

Pengunjung cukup datang ke loket Sapa Ratu yang berada di sisi selatan gedung Perpustakaan Kota Yogyakarta dan menyebutkan judul buku yang akan dipinjam. “Petugas akan segera mencarikan buku yang dimaksud dan langsung memproses peminjamannya. Begitu pula saat pengembalian. Tidak sampai lima menit,” katanya.

Meskipun demikian, Wahyu mengingatkan bahwa selama masa pandemi COVID-19, layanan di Perpustakaan Kota Yogyakarta tidak lagi dibuka selama 24 jam sehari tetapi dibatasi yaitu dari pukul 09.00-15.00 WIB pada Senin sampai Kamis, dan pada Jumat hingga pukul 14.00 WIB, sedangkan pada Sabtu dan Minggu libur.

“Kami pun rutin melakukan penyemprotan disinfektan ke beberapa titik di gedung perpustakaan baik di Kotabaru maupun Perpustakaan Pevita di Jalan Mayjend Sutoyo untuk mencegah penyebaran COVID-19, termasuk penyemprotan di armada perpustakaan keliling,” katanya.

Dengan demikian, lanjut Wahyu, seluruh layanan di Perpustakaan Kota Yogyakarta akan langsung dibuka apabila wabah COVID-19 sudah berhasil diatasi.*

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar