Sleman gelar pelayanan KB di 149 faskes peringati Harganas

id Harganas,Pelayanan KB serentak,Kabupaten Sleman,Sleman

Sleman gelar pelayanan KB di 149 faskes peringati Harganas

Bupati Sleman Sri Purnomo saat melakukan teleconference dalam Peringatan Harganas di Sleman. ANTARA/ HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan pelayanan Keluarga Berencana serentak di 149 faskes yang berada di wilayah setempat dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27.

Penyelenggaraan pelayanan KB serentak di Sleman, Senin merupakan upaya Pemkab Sleman mendukung Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) yaitu pelayanan KB sejuta akseptor.

Bupati Sleman Sri Purnono dalam pembukaan peringatan Harganas DIY melalui video teleconference melaporkan bahwa di wilayah Kabupaten Sleman, pelaksanaan KB tersebut dilaksanakan di 149 faskes yang terdiri dari 25 puskesmas, 21 klinik pratama, 29 dokter keluarga dengan jejaring bidan, 23 rumah sakit dan 34 praktik mandiri bidan.

"Dalam pelaksanaan KB serentak ini, Kabupaten Sleman telah menyiapkan target capaian yaitu sebanyak 1.875 akseptor," katanya.

Namun demikian, dalam pelaksanaannya, dari data yang didapat Pemerintah kabupaten Sleman, terdapat sebanyak 1.950 akseptor yang mendaftar. Angka tersebut telah melebihi target yang ditentukan Pemerintah Kabupaten Sleman yaitu bertambah 75 akseptor.

"Berdasarkan dengan data tersebut, kami optimis dapat melampaui target yang telah ditetapkan," katanya.

Dalam kesempatan tersebut juga Bupati Sleman Sri Purnomo melakukan peninjauan secara langsung di Gedung Pelayanan Kesehatan Reproduksi dan Kontrasepsi Instalasi Kesehatan Reproduksi Rumah Sakit Sardjito.

Di RSUP dr Sardjito ini sedang dilakukan pelayanan pelayanan Metode Operasi Wanita (MOW) yaitu sebanyak 12 akseptor dan Metode Operasi Pria (MOP) sejumlah tiga akseptor," katanya.

Pelayanan MOW dan MOP ini pertama kali dilakukan RS Sardjito saat pandemi COVID-19 dengan menerapkan standar protokol Kesehatan.
Pelaksanaan pelayanan KB serentak di RSUP dr Sardjito dalam rangka Peringatan Harganas di Sleman. Foto Antara/ HO-Humas Pemkab Sleman
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024